Lifestyle

Tingkatkan Kesehatan Jantung Melalui Olahraga Ini

123
×

Tingkatkan Kesehatan Jantung Melalui Olahraga Ini

Share this article

G24NEWS.TV, JAKARTA – Seperti yang semua ketahui, olahraga memiliki andil positif bagi kesehatan tubuh. Terlebih lagi untuk penderita risiko jantung, beberapa olahraga dapat membantu meminimalisir risiko tersebut. Berikut olahraga yang dapat dijadikan rutinitas untuk meningkatkan kesehatan jantung.

1. Renang
Olahraga satu ini direkomendasikan bagi penderita penyakit jantung maupun yang memiliki risiko. Renang dapat meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan fungsi pernapasan, detak jantung juga akan berjalan normal.

Baca Juga  Wae Rebo: Petualangan Eksotis Menuju Desa Adat di Negeri Indonesia

2. Yoga
Yoga dapat bermanfaat baik bagi tubuh, khususnya dalam mengelola stres. Olahraga ini mengutamakan teknik pernapasan dan meditasi. Yoga diklaim dapat memberikan efek positif pada stress, peradangan, sistem saraf otonom jantung. Risiko penyakit kardiovaskular juga dapat diminimalisir melalui rutinitas yoga.

3. Bersepeda
Rutinitas sederhana seperti bersepeda juga memberikan efek positif yang tidak main-main bagi kesehatan jantung. Olahraga ini dapat menguatkan otot jantung, mengurangi kadar kolesterol, hingga memperlancar sirkulasi darah.

Baca Juga  Stay Relevant: Mengapa Penting untuk Tetap Update dengan Berita di Era Digital

4. Aerobik
Olahraga aerobik jika dilakukan dengan intensitas sedang dapat bermanfaat bagi penderita penyakit jantung. Aerobik dapat merangsang denyut jantung dan pernapasan. Jantung akan bekerja lebih efisien sekaligus berpotensi meningkatkan aliran darah.

 

Penulis: Nyoman Adikusuma
Editor: Lala Lala

banner 325x300