HeadlineInternasionalPolitik

Prabowo Pastikan Pesawat Tempur Paling Canggih dan Serbaguna F-15EX akan Perkuat TNI

1392
×

Prabowo Pastikan Pesawat Tempur Paling Canggih dan Serbaguna F-15EX akan Perkuat TNI

Share this article
Menhan Prabowo bersama Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd J. Austin III
Menhan Prabowo bersama Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd J. Austin III

G24NEWS.TV, JAKARTA — Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membeli 24 pesawat tempur F-15EX baru yang merupakan jet tempur generasi 4.5 dari Amerika Serikat untuk memperkuat TNI.

Pembelian pesawat tempur canggih dan serbaguna di dunia itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding di The Boeing Company, St. Louis, Missouri.

“Penandatanganan MoU komitmen pembelian 24 Unit Pesawat Tempur F-15EX,” tulis Menhan Prabowo dalam unggahan foto di akun Instagramnya @prabowo.

Indonesia telah menerima kode khusus dari pihak Amerika Serikat untuk penggunaan pesawat jet tempur F-15EX yakni F-15IDN.

penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pembelian pesawat tempur F-15
Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pembelian pesawat tempur F-15

Unggahan tersebut memperlihatkan Menhan Prabowo turut menyaksikan penandatanganan MoU.

Ia juga menyempatkan melihat unit pesawat tempur tersebut di kantor Boeing bersama pejabat Kemhan dan The Boeing Company.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Pertahanan RI, November 2022 lalu, Menhan Prabowo memastikan rencana pembelian jet tempur F-15 sedang dalam tahap lanjut dan menunggu persetujuan akhir dari pemerintah.

Kepastian itu disampaikan Menhan Prabowo seusai melakukan pembicaraan empat mata dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd J. Austin III di kantor Kemhan RI, Jakarta.

Baca Juga  Ahmad Doli Pertanyakan Izin Kampanye Politik di Fasilitas Pemerintah dan Sekolah

Lloyd Austin mengatakan bahwa mereka mendukung upaya Menhan Prabowo untuk memodernisasi sistem dan kemampuan pertahanan, salah satunya dengan pembelian pesawat tempur F-15EX itu.

“Kami tentu mendukung upaya Menhan Prabowo untuk terus memodernisasi sistem dan kemampuan pertahanan mereka dan kami ingin terus membantu dengan cara apapun yang kami bisa,” kata Austin saat itu.

“Akuisisi F15 tentu meningkatkan interoperabilitas,” tambah Austin.

Mengenal Pesawat tempur F-15EX 

Pesawat tempur F-15EX merupakan varian terbaru dari keluarga pesawat F-15 yang telah lama beroperasi.

Pesawat buatan Boeing ini memiliki beberapa keunggulan di antaranya:

  1. Kapasitas Muatan: pesawat ini memiliki kapasitas muatan yang lebih banyak dibandingkan pesawat tempur generasi sebelumnya. Dengan kemampuan muatan hingga 29.500 pound atau sekitar 13.380 kilogram, pesawat ini mampu membawa senjata lebih banyak.
  2. Kinerja Mesin yang Tinggi: Dilengkapi mesin modern yang memberikan kecepatan dan kelincahan lebih.
  3. Struktur Pesawat yang Kuat: Didesain untuk memiliki umur layanan hingga 20.000 jam terbang, yang memberikannya keunggulan dalam hal daya tahan dan rentang operasional yang panjang.

    Pesawat Tempur F-15EX buatan Amerika Serikat
    Pesawat Tempur F-15EX buatan Amerika Serikat
  4. Sistem Avionik Canggih: Dilengkapi dengan sistem radar canggih dan avionik lainnya yang memungkinkan pesawat mendeteksi dan melacak target dengan akurasi yang tinggi.
  5. Kemampuan Survivabilitas: Memiliki perlindungan elektronik, termasuk sistem perang elektronik yang canggih untuk meningkatkan kemampuan bertahan hidup di medan perang.
  6. Integrasi Senjata: F-15EX dapat dilengkapi dengan berbagai jenis senjata, mulai dari rudal udara-ke-udara, bom, hingga senjata khusus lainnya,
  7. Kemudahan dalam Pemeliharaan: salah satu tujuan desain F-15EX adalah untuk meminimalkan biaya operasional dan pemeliharaan, serta memperpanjang jangka waktu antara perawatan
  8. Kemampuan Multi-Misi: F-15EX dapat dioperasikan dalam berbagai misi, mulai dari superioritas udara, serangan darat, hingga operasi maritim, serta
  9. Konektivitas dengan Sistem Lain: pesawat ini dirancang untuk dapat berkomunikasi dan beroperasi dengan baik dalam jaringan pertempuran yang lebih luas, memungkinkannya berkolaborasi dengan sistem lain seperti satelit, UAV, dan pesawat lain.
banner 325x300