Lifestyle

Penting Banget! Berempati untuk Persahabatan yang Langgeng

226
×

Penting Banget! Berempati untuk Persahabatan yang Langgeng

Share this article
Ilustrasi Berempati untuk Persahabatan yang Langgeng/Photo by Liza Summer: https://www.pexels.com/photo/crop-woman-tapping-shoulder-of-frustrated-female-friend-6383158/
Berempati untuk Persahabatan yang Langgeng

G24NEWS.TV, JAKARTA — Hey guys! Siapa di sini yang punya sahabat? Pasti berinteraksi dengan sahabat itu seru ya. Awalnya sahabat adalah orang yang sebelumnya kita gak kenal, tapi jadi orang paling dekat dengan kita. Tapi bagaimana pun juga, sahabat adalah orang yang berbeda dengan kita, mulai dari latar belakang, pengalaman, dan keluarga yang berbeda. Oleh karena itu, penting banget untuk menjaga kualitas persahabatan kalian dengan rasa empati yang tinggi. Gimana tuh maksudnya? Yuk, simak artikel ini!

  1. Mengapa Memahami Perasaan Orang Lain Penting?

Empat itu kemampuan untuk menempatkan posisi kita sebagai orang lain. Jadi kamu bisa merasakan apa yang orang lain rasakan, melihat sesuatu dari perspektif orang lain. Kenapa sih penting berempati?

– Membangun hubungan yang kuat: Ketika kita mampu merasakan dan memahami perasaan orang lain, mereka akan merasa diharga, didengar, dan diperhatikan. Dengan begitu, ikan persahabatan kalian akan lebih kuat dengan mengerti satu sama lain.

– Mengurangi konflik: Dengan memiliki empati, kita bisa lebih peka sama temen kita. Kita akan pikir dua kali sebelum melakukan atau berkata sesuatu supaya menjaga perasaannya. Dengan begitu, kamu bisa mencegah konflik-konflik yang gak perlu dalam persahabatan.

– Membantu dalam situasi sulit: Kamu bisa lebih tergerak jika sahabatmu sedih atau dalam kesulitan, karena kamu mencoba mengerti perasaan dan situasinya. Dengan perasaan mereka, kamu bisa jadi sokongan dan supporter yang tepat dan membantu dia melewati masa-masa sulit

  1. Empati dan Persahabatan

Gunakan persahabatan sebagai salah satu wadah pengembangan diri, salah satunya kemampuan berempat. Saat kita memiliki teman yang beragam, kita memiliki kesempatan untuk belajar tentang pengalaman hidup mereka, tantangan yang mereka hadapi, dan perasaan yang mereka rasakan. Kamu bisa melakukan tips ini:

Baca Juga  Hidup Lebih Baik dengan Punya Hewan Peliharaan, Emang Bisa?

Be a good listeneri: Salah satu cara terbaik untuk memahami perasaan orang lain adalah dengan mendengarkan dengan sepenuh hati. Saat teman kita berbicara tentang pengalaman atau perasaan mereka, berikan perhatian penuh dan dengarkan dengan teliti. Kamu bisa mengulang dengan kalimatmu sendiri cerita mereka sehingga mereka merasa kamu benar-benar paham dengan cerita mereka.

– Bertanya dan menanyakan: Kalau gak yakin atau kurang ngerti, jangan ragu untuk bertanya. Tanya pertanyaan tanpa motif menuduh atau mengucilkan sahabatmu. 

– Menyampaikan empati: Ketika temanmu lagi kesulitan dan sedih, kamu bisa mengungkapkan empati dengan mengatakan kalau kamu mengerti betapa sedihnya dia, lalu ingatkan bahwa kamu akan selalu ada di sampingnya.

– Melibatkan diri secara aktif: Menjadi teman yang baik tidak hanya ada ketika dia curhat, tetapi juga bisa terlibat dalam kehidupannya. Misalnya, ikutan terlibat dengan acara atau kegiatan yang dia lakukan, sehingga bisa tahu kehidupan dia di luar.

– Menghargai perbedaan: Persahabatan juga mengajarkan kita untuk menghargai perbedaan. Setiap teman memiliki latar belakang dan pengalaman yang berbeda, dan dengan menghormati perbedaan tersebut, kita akan dapat lebih memahami perasaan mereka.

  1. Meningkatkan Kemampuan Empati

Tidak harus selalu dalam pertemanan, kamu bisa mulai melatih empati dari orang-orang lainnya, seperti ini:

Baca Juga  Manis Tanpa Oven: Nikmatnya Kreasi Menu Dessert Sederhana

– Melatih empati dengan diri sendiri: Segala sesuatu dimulai dari diri sendiri, termasuk berempati. Coba mulai menghargai hal yang kamu suka, mencari lingkungan yang positif, dan jangan membohongi perasaan diri sendiri. Dengan memahami dan menghargai diri sendiri, kita akan lebih mampu melakukannya pada orang lain.

– Berempati pada orang asing: Cobalah untuk berempati pada orang-orang yang belum kita kenal dengan baik. Misalnya, saat berinteraksi dengan penjual di toko atau pelayan di restoran, coba bersikap baik dan sopan terhadap mereka karena sudah bekerja seharian. Bisa juga dengan sekadar ramah dan senyum dengan orang asing saat berpapasan, mungkin mereka sebenarnya sedang butuh gestur positif seperti itu.

– Terlibat dalam kegiatan sosial: Volunteering sangat membantu menumbuhkan rasa empati kita. Dengan berinteraksi dan merasakan hidup berbagai jenis orang, pandanganmu akan lebih terbuka. Kamu akan lebih banyak bersyukur dan melihat bahwa kamu tidak sendiri di dunia ini. Rasa empatilah yang menguatkan kita.

Mengasah empati melalui persahabatan adalah langkah penting dalam membangun hubungan yang sehat dan berarti. Gak ada salahnya menjadi orang yang bisa berempati, yang penting kita juga bisa berempati dan jangan lupa merawat kesehatan mental kita sendiri. Semoga hidup kita menjadi lebih baik, guys!

banner 325x300