HeadlineNasionalVideo

Partai Golkar Dukung IKN jadi Kota Pintar dengan Energi Terbarukan

274
×

Partai Golkar Dukung IKN jadi Kota Pintar dengan Energi Terbarukan

Share this article
keu
Golkar-dukung-dan-kawal-pembangunan-IKN

G24NEWS.TV, JAKARTA – Melansir penelitian British Petroleum (BP) Statistical Review of World Energy yang menyebutkan sisa energi fosil dunia seperti minyak bumi, gas dan batu bara tinggal 52 tahun lagi.

Sementara untuk Indonesia sisa minyak bumi tersisa 3,7 miliar barel atau sekitar 10 tahun lagi. Energi minyak bumi yang tidak terbarukan akan terus menipis dan habis. Merespons hal tersebut, Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebutkan harapannya bahwa energi yang dihasilkan di Indonesia adalah energi yang berkelanjutan.

Hal ini sejalan dengan adanya konsep kota pintar berbasis lingkungan untuk rencana pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Kalimantan Timur dengan penghasil gas alam terbesar di Indonesia. Rencananya IKN akan dibangun dengan 70 persen area hijau dan 80 persen dengan energi terbarukan seperti yang disampaikan oleh Presiden Jokowi.

Baca Juga  Polres Pacitan Gelar Rekonstruksi Pembunuhan Pakai Racun Sianida di Dalam Minuman Kopi Seorang Pelajar

BACA JUGATokoh Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita : Ekonomi Indonesia Pulih Berkat Kontribusi Ekspor Indonesia

Sementara menurut Arifin Tasrif Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), energi yang digunakan di IKN nantinya bersumber dari matahari, angin dan energi bersih berupa gas.

“Pemanfaatan energi baru terbarukan sangat berpengaruh untuk menurunkan gas rumah kaca yang mencemari lingkungan. Indonesia mempunyai potensi sumber energi baru terbarukan mulai dari air, matahari, angin, panas bumi, bio energy dan arus laut.” jelas Ketum Golkar, Airlangga Hartarto.

Ketum Golkar, Airlangga Hartarto juga menyampaikan bahwa Golkar akan terus mendukung dan mengawal pembangunan IKN sebagai wajah kota ramah lingkungan dengan energi terbarukan di Indonesia yang mampu mengantisipasi energi yang akan terjadi di masa mendatang seperti harapan dari Presiden Jokowi.

BACA JUGAAirlangga Hartarto Layak jadi “Bapak Ekonomi Kerakyatan”, Ini Tanggapan Golkar

Baca Juga  Semua Orang Punya Kesempatan Menang dalam Pemilu, Ini Contohnya

Pengelolaan SDA yang lebih baik hingga perubahan energi bisa menjadi solusi yang baik bagi Indonesia terutama Kalimantan Timur.

Sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan pemanfaatan sumber daya alam selain minyak bumi. Termasuk dengan adanya energi terbarukan dan perubahan di bidang lain di bidang pusat kesehatan, pendidikan, dan teknologi sebagai sumber pendapatan baru.

BACA JUGADi B20, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto Paparkan Capaian Kartu Prakerja Bangkitkan Ekonomi

Hal ini penting dilakukan sebagai proyek jangka panjang dan pemerataan masyarakat Kalimantan Timur, juga untuk meningkatkan potensi Kalimantan Timur di seluruh bidang dan mensejahterakan masyarakatnya.

“Saat ini, energi baru dan terbarukan bukan lagi menjadi masalah lingkungan semata tetapi sudah menyangkut masalah ekonomi,” terangnya.

banner 325x300