Lifestyle

Mengubah Dunia Satu Tujuan pada Saatnya: Membahas Sustainable Development Goals untuk Generasi Muda

35
×

Mengubah Dunia Satu Tujuan pada Saatnya: Membahas Sustainable Development Goals untuk Generasi Muda

Share this article
SDG
Ilustrasi demonstrasi lingkungan/Photo by Markus Spiske: https://www.pexels.com/photo/climate-road-landscape-people-2990650/

G24NEWS.TV, JAKARTA – Dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks, dunia bersatu dalam upaya mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Generasi muda, sebagai penerus tongkat estafet, memiliki peran penting dalam mewujudkan visi dunia yang lebih adil, berkelanjutan, dan inklusif. Artikel ini akan membahas apa itu Sustainable Development Goals dan mengapa generasi muda perlu memahaminya.

 Apa Itu Sustainable Development Goals (SDGs)?

Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan adalah serangkaian tujuan global yang ditetapkan oleh PBB pada tahun 2015. Terdapat 17 tujuan yang mencakup berbagai aspek kehidupan manusia, mulai dari pemberantasan kemiskinan hingga perlindungan lingkungan dan peningkatan kesehatan global. SDGs bertujuan untuk menciptakan dunia yang lebih berkelanjutan, adil, dan aman bagi semua penduduk planet ini.

 17 Tujuan SDGs:

  1. Tidak Ada Kemiskinan: Mengakhiri kemiskinan ekstrim untuk semua orang di seluruh dunia.
  2. Tidak Ada Kelaparan: Mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan, dan meningkatkan gizi serta promosi pertanian berkelanjutan.
  3. Kesehatan yang Baik: Memastikan kesehatan dan kesejahteraan bagi semua pada setiap usia.
  4. Pendidikan Berkualitas: Memastikan akses semua orang terhadap pendidikan yang baik, setara, dan inklusif.
  5. Kesetaraan Gender: Mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan semua perempuan dan anak perempuan.
  6. Air Bersih dan Sanitasi: Memastikan ketersediaan dan pengelolaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan.
  7. Energi Bersih dan Terjangkau: Memastikan akses semua orang terhadap energi yang bersih, terjangkau, and andal.
  8. Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi: Mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, inklusif, dan pekerjaan yang layak.
  9. Industri, Inovasi, dan Infrastruktur: Membangun infrastruktur yang tangguh, mempromosikan industrialisasi yang inklusif, dan merangsang inovasi.
  10. Ketidaksetaraan yang Dapat Diredam: Mengurangi ketidaksetaraan di dalam dan antara negara.
  11. Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan: Membuat kota dan permukiman inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan.
  12. Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab: Mengelola konsumsi dan produksi sumber daya alam secara berkelanjutan.
  13. Tindakan terhadap Perubahan Iklim: Mengambil tindakan mendesak untuk mengatasi perubahan iklim dan dampaknya.
  14. Kehidupan di Bawah Air: Melestarikan dan menggunakan secara berkelanjutan sumber daya laut untuk pembangunan berkelanjutan.
  15. Kehidupan di Darat: Melindungi, memulihkan, dan mempromosikan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan.
  16. Perdamaian, Keadilan, dan Institusi yang Kuat: Membentuk masyarakat yang damai, adil, dan inklusif.
  17. Kemitraan untuk Tujuan: Memperkuat aliansi global untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.
Baca Juga  Tempat Wisata Populer untuk Rayakan Tahun Baru 2023, Pilih Tempat Liburanmu ya

 

Mengapa Generasi Muda Harus Memahaminya?

  1. Penentu Masa Depan: Generasi muda adalah penentu masa depan. Memahami SDGs memberikan pemahaman tentang arah dan tujuan yang harus dikejar untuk menciptakan dunia yang lebih baik.
  2. Aksi Tanggap: SDGs memberikan panduan tindakan konkret untuk menanggapi tantangan global. Generasi muda dapat berperan sebagai pelaku utama dalam melaksanakan aksi-aksi yang mendukung SDGs.
  3. Pendidikan dan Kesadaran: Memahami SDGs memicu pendidikan dan kesadaran tentang isu-isu kritis seperti kemiskinan, ketidaksetaraan, dan kerusakan lingkungan.
  4. Inovasi dan Kreativitas: SDGs mendorong inovasi dan kreativitas. Generasi muda dapat mengembangkan solusi dan proyek yang berkontribusi pada pencapaian tujuan-tujuan tersebut.
  5. Tanggung Jawab Bersama: SDGs adalah tanggung jawab bersama. Melalui pemahaman dan partisipasi generasi muda, tanggung jawab bersama ini dapat diwujudkan.
Baca Juga  Hari Pangan Sedunia: Tingkatkan Kesejahteraan dan Kesehatan Global

Sustainable Development Goals (SDGs) adalah panduan global untuk menciptakan dunia yang lebih baik dan berkelanjutan. Generasi muda memiliki peran penting dalam mengubah visi ini menjadi kenyataan. Dengan memahami dan mengadopsi SDGs dalam kehidupan sehari-hari, generasi muda dapat menjadi agen perubahan yang kuat, membawa dampak positif bagi diri mereka sendiri, komunitas, dan planet ini. Mari bersama-sama menjadi bagian dari perjalanan menuju masa depan yang berkelanjutan dan inklusif.

banner 325x300