Lifestyle

Hati-Hati Kutu Busuk, Cek Bagian Ini Di Rumahmu!

134
×

Hati-Hati Kutu Busuk, Cek Bagian Ini Di Rumahmu!

Share this article

G24NEWS.TV, JAKARTA – Kutu busuk adalah serangga kecil, tidak bersayap, berwarna coklat kemerahan dan panjang kira-kira seperempat inci. Mereka bersembunyi pada siang hari di tempat tidur (lapisan kasur, pegas kotak, rangka tempat tidur, sandaran kepala). Selain itu, kutu busuk juga ada di celah dinding, lantai, dan furnitur. Mereka keluar pada malam hari, tidak terbang atau melompat, tapi mereka bisa merangkak dengan cepat.

Mereka bisa berasal dari area lain yang terinfestasi atau dari furnitur bekas. Kutu busuk dapat menumpang di bagasi, dompet, ransel, atau barang lain yang diletakkan di permukaan yang lembut atau berlapis kain. Mereka dapat melakukan perjalanan antar kamar di gedung multi-unit, seperti kompleks apartemen dan hotel.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menginap di tempat baru saat bepergian untuk menghindari kutu busuk.

Baca Juga  Era Internet of Behaviour: IoB Tuh Apa Ya?

Saat menginap di hotel, letakkan tas di tempat koper. Hindari di tempat tidur atau lantai. Jauhkan rak dari dinding atau furnitur. Saat kembali ke rumah, cuci pakaian dari perjalanan Anda dan masukkan ke dalam pengering panas. Periksa furnitur baru dan bekas sebelum membawanya masuk. Perhatikan jahitan, jumbai, dan bagian bawah bantal.

Kutu busuk itu sendiri dapat terlihat. Kulitnya yang terlepas, atau kotorannya di lapisan kasur dan benda lain di kamar tidur dapat menjadi tanda-tanda keberadaannya. Mungkin juga terdapat noda darah pada seprai.

Cara untuk mencegah atau menghindari kutu busuk:

  • Bersihkan dan singkirkan barang yang berantakan, terutama di kamar tidur Anda.
  • Jauhkan tempat tidur dari dinding atau furnitur.
  • Cetakan vakum, jendela dan lantai setiap hari. Vakum sisi dan jahitan kasur, pegas kotak, dan furnitur. Segera kosongkan penyedot debu atau kantongnya dan buang ke luar dalam wadah atau kantong tertutup.
  • Cuci seprai, sarung bantal, selimut, dan rok tempat tidur, lalu masukkan ke dalam pengering panas setidaknya selama 30 menit. Pertimbangkan untuk menggunakan penutup kasur dan pegas kotak – jenis yang digunakan untuk mengendalikan tungau debu – dan tempelkan lakban pada ritsletingnya.
  • Tutup celah dan celah serta bukaan apa pun yang menjadi tempat masuknya pipa atau kabel ke dalam rumah.
Baca Juga  Simak 4 Ide Nikmatin Me Time Hemat Di Rumah

 

Penulis: Nyoman Adikusuma
Editor: Lala Lala

banner 325x300