Lifestyle

Gimana Sih Cara Mengelola Uang? Simak 7 Tips Efektif Ini!

322
×

Gimana Sih Cara Mengelola Uang? Simak 7 Tips Efektif Ini!

Share this article
Ilustrasi Gimana Sih Cara Mengelola Uang? Simak 7 Tips Efektif Ini!/Photo by Karolina Grabowska: https://www.pexels.com/photo/unrecognizable-man-holding-wallet-with-money-4386421/
Gimana Sih Cara Mengelola Uang? Simak 7 Tips Efektif Ini!

G24NEWS.TV, JAKARTA – Halo teman-teman! Siapa di sini yang sulit mengelola uang? Apalagi kalau bulan tua, dompet juga menipis. Padahal keuangan pribadi itu penting banget, gak hanya untuk sekarang, tapi untuk masa depan. Ada solusi efektif nih untuk lebih pintar menghemat uang. Simak bersama yuk!

  1. Buat Perencanaan Uang yang Jelas

Kalau gak buat perencanaan uang, rasanya uang kamu akan hilang begitu saja. Kamu tidak mau itu terjadi kan? Nah, kamu bisa coba buat rencana keuangan. Kamu bisa mulai dengan menentukan apa tujuan finansial kamu. Misalnya mau liburan ke luar kota, atau beli gadget baru. Tujuan seperti ini dapat membuat kamu lebih jelas menentukan motivasi kamu berhemat dan menabung. 

  1. Catat Pengeluaran dengan Aplikasi

Sekarang zaman sudah maju dan serba teknologi. Kamu bisa nih memakai teknologi untuk membantu kamu mengelola uang. Kamu bisa mencatat pengeluaran dan pemasukanmu. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu instal, contohnya Monefy, Money Lover, atau Wallet. Dengan catatan yang terorganisir, kamu bias lebih hati-hati dengan pengeluaranmu. Kamu juga bisa menekan pengeluaran dengan membatasi budget untuk keinginanmu.

  1. Pisahin Uang untuk Needs and Wants

Nah, biar keuanganmu lebih terkelola dengan lebih baik, kamu bisa membagi porsi untuk kebutuhan dan keinginan. Tentukan persentase jumlah budget yang kamu gunakan di hal-hal tertentu. Misalnya 60% uang untuk biaya makan, listrik, dan sewa tempat tinggal, dan 10% untuk ditabung, dan sisanya untuk hiburan, belanja, traveling, dan nongkrong. Cara ini dapat membantu kamu keuanganmu stabil.

  1. Nabung Sejak Dini, Yuk!

Kunci dari pengelolaan finansial yang stabil adalah menabung! Memiliki tabungan dapat melindungi kamu dengan rasa aman dari hal-hal darurat yang tidak diinginkan. Rajin menabung juga bisa menghantar kamu kepada kebebasan finansial dan masa depan yang menjamin. Kamu bisa menyisihkan sebagian uang jajan atau penghasilan kalian untuk disimpan di tabungan. Bisa juga uangnya kamu investasikan ke reksadana, nih. Ingat, nabung itu seperti menanam benih kecil yang nantinya bisa tumbuh besar. Ga bakal nyesel kok!

  1. Bijak dalam Spending

Skill yang sangat penting bagi kalian yang mau mengelola uang adalah penguasaan diri. Ingat, tidak semua promo dan diskon itu layak dikejar. Jangan membuat kalian menjadi impulsif dalam berbelanja hanya karena diskon. Gak semua hal yang kamu pengen harus dibeli sekarang. Mungkin bisa dipikirkan dulu, dibandingkan dulu harganya, dan cari tahu apakah benar-benar worth. Uang tidak mudah didapatkan, maka dari jangan asal menghamburkannya!

  1. Jangan Anggep Remeh Asuransi

Kadang kita pikir asuransi itu untuk orang tua atau orang yang berkeluarga saja. Padahal asuransi itu penting bagi setiap kualitas hidup orang, termasuk juga kamu. Dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu mendapat perlindungan finansial kalau ada kejadian yang tak terduga, seperti sakit parah dan kecelakaan. Jadi pertimbangkanlah asuransi dalam mengelola keuangan pribadi.

  1. Cuan Tambahan yang Membantu

Selain pengelolaan uang yang sudah ada, kamu bisa mulai mencar sumber pendapatan tambahan. Zaman sekarang, ada banyak sekali peluang bagi kamu yang mau mencari pendapatan tambahan. Misalnya membuka bisnis sampingan, menjadi freelancer, buka bisnis sampingan, atau mengembangkan skill yang bisa kamu monetisasi. Jika punya pendapatan tambahan, kamu bisa memiliki jumlah uang untuk dikelola dengan lebih banyak dan lebih aman dalam spending.

Baca Juga  6 Tips Keuangan Buat Hidup Yang Lebih Teratur, Yuk Dicoba!

Itu dia 7 tips untuk mengelola uang. Jangan biarkan uang menguasai hidup kita, tetapi kita yang memegang kontrol penuh dalam uang kita. Selalu bijak dan mengeluarkan dan menyimpan uang, hidup tenang tanpa gangguan finansial. Jadi, kamu sudah tenang jika ditanya, “Ke mana saja uangku?” Semoga sukses!

banner 325x300