Lifestyle

Gak Pernah ke Jambi? Ini 5 Makanan Khas yang Harus Dicicipi!

255
×

Gak Pernah ke Jambi? Ini 5 Makanan Khas yang Harus Dicicipi!

Share this article
Ilustrasi Laksa/https://www.kompas.com/food/read/2022/10/11/200500875/resep-laksa-singapura-kuah-segar-untuk-makan-malam
Laksa

G24NEWS.TV, JAKARTA —  Ada yang pernah ke Jambi? Nah, kita mau bahas lima masakan tradisional Jambi yang harus kamu cicipi saat ke sana. Ternyata kuliner di provinsi ini enak-enak dan unik, lho. Yuk kita lihat!

  1. Gulai Pakis

Gulai Pakis? Apa tuh? Nah, hidangan ini adalah gulai yang dibuat dari daun pakis dan dimasak dengan bumbu gulai yang pastinya kaya rempah. Rasanya yang gurih dan aroma rempah yang segar bikin kamu langsung pengen habisin semangkok, deh! Pakis yang dipilih biasanya yang masih muda dan kenyal. Kalau dimakan pake nasi hangat, pasti nagih!

  1. Pais Tempoyak

Suka makanan pedas? Wajib banget cobain Pais Tempoyak. Apa sih Pais Tempoyak itu? Nah, hidangan ini terbuat dari ikan patin yang dimasak dengan tempoyak, yaitu daging durian yang difermentasi. Wow, unik banget ya? Rasanya pedas dan gurih, ditambah lagi dagingnya lembut. Wajib banget kamu coba!

  1. Laksa Jambi

Mau hidangan berkuah hangat? Nih, cobain laksa. Laksa itu kayak mie kuah. Tapi uniknya, kuah mie ini terbuat dari santan, jadi rasanya bakal gurih banget. Makanan dari Sumatera ini pasti juga punya rasa pedas yang bikin mata melek kalau dimakan. Biasanya laksa disajikan dengan irisan telur rebus, daun ketumbar, dan perkedel. Dengan sedikit perasan jeruk nipis, rasanya pasti makin segar!

  1. Kemplang

Rasanya kurang komplit nih kalau kamu makanan hidangan-hidangan di atas tanpa kerupuk. Nah, kita bakal kenalin kamu sama kerupuk kemplang, kerupuk khas Sumatera. Di Jambi, kamu bisa menjumpai kemplang di setiap rumah makan. Kemplang terbuat dari tepung sagu dan digoreng jadi kerupuk. Rasanya yang guring dan renyah menjadikan kemplang ini juga cocok jadi camilan yang dimakan sendiri. Kriuk kriuk!

  1. Lempok Durian

Ayo acung siapa yang suka durian? Nah, beruntung banget nih, di Jambi ada dessert tradisional yang bahan utamanya durian. Lempok Durian, kue tradisional dari jambi ini terbuat dari campuran tepung ketan, gula merah, dan parutan dagian durian. Kamu bakal ketagihan sama rasanya yang manis dan aroma durian yang menggugah selera. Gak hanya aroma durian, Lempok Durian ini jadi tambah wangi lagi karena dibungkus dengan daun pisang. Kalau ditambah pakai serutan kelapa, makin nikmat lagi deh!

Baca Juga  Tenggarong Reggae Festival 2023 Sukses Digelar, Gerakkan UMKM dan Lestarikan Seni Daerah

Jadi, tunggu apalagi? Ayo ke Jambi dan cicipi berbagai hidangannya. Masing-masing masakan punya cita rasa yang unik dan pastinya enak. Jadi, jangan lupa ajak teman atau keluarga kamu buat ke sana, guys!

banner 325x300