Lifestyle

Dyah Roro Apresiasi Konser Coldplay yang Ramah Lingkungan

303
×

Dyah Roro Apresiasi Konser Coldplay yang Ramah Lingkungan

Share this article
Konser Coldplay digelar di GBK Jakarta Rabu (15/11/2023) malam. Foto: Ist
Konser Coldplay digelar di GBK Jakarta Rabu (15/11/2023) malam. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA  –  Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti mengapresiasi rencana konser grup musik internasional Coldplay di Indonesia pada 15 November 2023 mendatang dengan mengedepankan konsep ramah lingkungan.

Diungkapkan Dyah Roro, selain karena dapat berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi kreatif bangsa, langkah Coldplay tersebut juga sekaligus menjaga bumi dan menerapkan sustainable practices.

Oleh karenanya, pihaknya berharap para musisi Indonesia dan dunia mencontoh konsep tersebut. “Saya berharap para musisi di Indonesia dapat melakukan hal yang serupa,” ujar Dyah Roro.

Dyah menilai, konser-konser Coldplay yang selama ini diselenggarakan di beberapa negara mampu mengedepankan konsep keberlanjutan.

Misalnya sustainable aviation fuel (SAF), yang digunakan untuk penerbangan anggota band, kru, hingga pengiriman logistik dengan wujud untuk mengurangi gas rumah kaca di sektor transportasi dan juga penggunaan energi terbarukan untuk melistriki konsernya.

Baca Juga  Apa Benar Nuklir Bisa Jadi Sumber Energi Listrik Tanpa Polusi?

“Banyak sekali langkah lainnya yang mereka terapkan dan menurut saya ini patut untuk diapresiasi dan dicontoh para musisi Indonesia,”tambahnya.

Politisi Fraksi Partai Golkar ini menjelaskan keberlanjutan bisnis sudah bukan lagi masa depan, namun dapat diterapkan mulai dari sekarang agar mampu mewujudkan masa depan yang juga berkelanjutan.

Konser Coldplay yang bertajuk “Music of the Spheres World Tour” itu menjadi kali pertama bagi grup band asal Inggris tersebut di Jakarta.

Dikutip dari web resminya, Coldplay berjanji untuk mengurangi emisi karbon selama tur lebih dari 50 persen dibandingkan dengan tur mereka sebelumnya pada 2016-2017.

Baca Juga  Eksplorasi Gaya Hidup Ramah Lingkungan dengan Alternatif Barang Daur Ulang yang Cocok

Mereka bekerja sama dengan perusahaan yang memiliki inisiatif ramah lingkungan untuk mengurangi dampak dan emisi sebanyak mungkin.

Sebagai contoh, untuk semua penerbangan, Coldplay akan membayar biaya tambahan untuk menggunakan bahan bakar penerbangan yang ramah lingkungan atau berkelanjutan.

Sementara, saat konser berlangsung di Istora Senayan mendatang, Coldplay akan memasang lantai kinetik di beberapa lokasi sehingga tarian para penonton dapat diubah menjadi energi yang akan menghidupkan pertunjukan konsernya.

Selain itu, gelang LED yang dikenakan oleh penonton sebagai bagian dari pertunjukan akan dibuat dari 100 persen bahan nabati yang dapat dikomposkan. Dan masih banyak lagi aksi-aksi Coldplay untuk mengurangi emisi selama turnya.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300