Lifestyle

Dekor Rumah Budget Terbatas? Ini 8 Tipsnya!

274
×

Dekor Rumah Budget Terbatas? Ini 8 Tipsnya!

Share this article
Ilustrasi Dekor Rumah Budget Terbatas? Ini 8 Tipsnya!/Photo by Designecologist: https://www.pexels.com/photo/photo-of-plants-on-the-table-1005058/
Dekor Rumah Budget Terbatas? Ini 8 Tipsnya!

G24NEWS.TV, JAKARTA – Halo guys! Sekarang lagi ngetren banget nih punya rumah atau kamar estetik. Tapi… mungkin di antara kita masih belum punya cukup budget untuk kamar dengan dekorasi yang mahal. Gak perlu khawatir! Walau dana terbatas, kamar kamu masih tetap keren dan nyaman dengan beberapa ini kreatif ini. Yuk lihat!

  1. Dekorasi dari barang bekas

Akan sangat berhemat kalau kita mulai mendekor dengan barang bekas. Selain ekonomis, ide ini juga ramah lingkungan karena memakai konsep reuse. Kamu bisa memakai bingkai foto untuk membuat dinding galeri, atau merangkai botol plastik jadi pot tanaman yang unik. Kebayang kan?

  1. Dekorasi dengan konsep DIY

Kalau misalnya gak ada barang bekas, kamu bisa banget bikin dekorasi sendiri. Tren DIY ini sangat positif untuk meningkatkan kreativitas kita. Kita bisa banget buat dekorasi dari bahan-bahan yang mudah didapatkan seperi kertas origami, atau menyulam bantal sendiri. Kalau mau DIY yang lebih ekstra, kamu bisa juga coba foam mirror, yaitu menghias bingkai foto dengan bahan kimia semacam busa yang akan mengeras kalau didiamkan. Kamu bisa beli busa tersebut di toko bangunan dan cat selagi setengah kering supaya warna warni. Tetap ingat untuk hati-hati ya!

  1. Dekorasi tanaman hias

Tanaman hias gak cuma buat menyegarkan suasana, tapi juga bisa jadi elemen yang dekoratif. Kamu bisa pilih tanaman sukulen yang tidak perlu banyak air dan mudah dirawat, lalu pilih pot yang lucu lalu taruh di rak atau meja untuk memberikan sentuhan alami.

  1. Permainan Cahaya

Kamu bisa banget pakai dekorasi cahaya seperti lampu dekor atau lilin dalam ruanganmu. Belilah lampu panjang yang ditempel di dinding dan berkelap-kelip menghiasi ruanganmu. Kamu juga bisa pakai lilin aroma supaya rumah makin rileks sekaligus estetik. Akan lebih baik juga kalau kamu memahami pencahayaan alami di rumahmu sehingga kamu bisa menikmati ruangan di saat-saat terbaik matahari: pagi atau sore.

  1. Berseni lewat Wall Art

Ruangan juga jadi lebih cantik kalau ditempel hiasan seperti poster, lukisan, atau ilustrasi sesuai dengan kepribadian kamu. Kamu juga bahkan bisa menggambar sendiri kalau memang hobi. Kamu bisa mencari poster seperti poster film, poster album artis, atau juga membeli art print dari ilustrator lokal. Jika ada foto-foto yang menurut kamu memorable, kamu bisa cetak dan tempel di dinding kamu. Hiasi sudut-sudut rumahmu dengan kolase poster dengan berbagai ukuran dan warna.

  1. Berkreasi dengan warna

Warna dinding dan furnitur dapat memberikan pengaruh besar pada suasana dan tampilan interior rumah. Pilihlah warna-warna yang sesuai dengan tema atau konsep dari suatu color-palette. Jika kamu ingin tampilan yang cerah dan menyenangkan, pilihlah warna-warna cerah seperti kuning atau hijau mint. Sedangkan jika kamu menginginkan suasana yang tenang dan elegan, warna-warna netral seperti abu-abu atau putih akan cocok.

  1. Aksesori Unik

Aksesori kecil seperti bantal, karpet, atau tirai juga dapat memberikan perubahan signifikan pada tampilan interior rumahmu. Pilih aksesori yang memiliki motif atau bentuk yang unik sesuai dengan selera pribadimu. Misalnya, pilih bantal dengan motif lucu atau karpet dengan tekstur yang unik.

  1. Penataan Ruang yang Efektif

Kalau bingung untuk menata dekorasi rumah, kamu bisa pikirkan bagaimana cara yang efektif saat kamu menggunakan ruangan itu sehari-hari. Contohnya di mana meletakkan meja, lemari buku, lemari baju, hiasan-hiasan, dan lainnya. Gunakan juga satu rak untuk hiasan-hiasan dan barang kecil agar space kamu tetap terlihat luas.

Baca Juga  Kunjungi dan Nikmati Kuliner Tradisional Eksotis Kalimantan Barat

Itulah delapan ide kreatif untuk menghias rumah dengan hemat. Tetap ingat bahwa ruangan yang cantik dan nyaman gak harus tentang berapa uang yang dikeluarkan, tapi seberapa nyaman dan puas kita dengan kreativitas kita. Selamat berdekor-ria!

banner 325x300