EkonomiHeadline

Airlangga Hartarto Yakin Proyek Strategis Nasional Tetap Berlanjut Lewati Tahun Pemilu

304
×

Airlangga Hartarto Yakin Proyek Strategis Nasional Tetap Berlanjut Lewati Tahun Pemilu

Share this article
Menko Perekonomian dalam acara Peluncuran Sewindu Proyek Strategis Nasional di Jakarta, Senin (8/5/2023). Foto: Kemenko Perekonomian
Menko Perekonomian dalam acara Peluncuran Sewindu Proyek Strategis Nasional di Jakarta, Senin (8/5/2023). Foto: Kemenko Perekonomian

G24NEWS.TV, JAKARTA – Menko Perekonomian Airlangga Hartarto meyakini Proyek Strategis Nasional tetap berlanjut, meskipun Indonesia masuk dalam tahun politik menjelang dan setelah Pemilu 2024.

Sebagai Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto terus mendorong percepatan penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN).

“Sehingga menunjukkan capaian yang progresif dari tahun ke tahun,” jelasnya, seperti dilansir dalam laman resmi Kementerian Perekonomian, Selasa (9/5/2023).

Dia menyebutkan sejak tahun 2016 sampai dengan Desember 2022, sebanyak 156 PSN telah diselesaikan.

Ketua Umum DPP Partai Golkar ini mengatakan estimasi nilai investasi mencapai Rp1.080,2 triliun.

Proyek-proyek ini mampu menjadi backbone untuk menunjang konektivitas, ketahanan energi dan kedaulatan pangan.

Bahkan dapat membantu memitigasi dampak bencana, hilirisasi industri serta investasi.

Baca Juga  Konsolidasi dan Soliditas Kunci Kemenangan Partai Golkar pada Pemilu 2024 

“Di tahun 2023, 30 PSN ditargetkan untuk dapat diselesaikan,” terangnya dari acara Media Gathering Sewindu PSN, di Taman Tiahahu, Jakarta tanggal 8 Mei lalu.

Acara itu dihadiri oleh generasi muda yang berasal dari berbagai profesi, mulai dari media, key opinion leaders, influencer dan undangan dari instansi lainnya.

Dia mengatakan pembangunan infrastruktur telah rampung melalui PSN yang diusung Pemerintah satu dekade terakhir.

Pembangunan Memberikan Kemudahan

Percepatan pembangunan, jelasnya, diharapkan dapat menciptakan berbagai kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan aktivitas ekonomi.

“Wujud nyata kehadiran PSN bagi kesejahteraan rakyat diantaranya penambahan panjang jalan tol sebesar tiga kali lipat dalam delapan tahun terakhir”.

“Contoh lain telah beroperasinya perkeretaapian LRT dan MRT di Indonesia,” paparnya.

Baca Juga  Wamendag Jerry Sambuaga Kunjungi UMKM di Sulawesi Tengah

Pada diskusi tersebut Menko Airlangga menjelaskan detail korelasi antara pembangunan infrastruktur dan pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat.

Seperti infrastruktur di sektor transportasi yang dapat menurunkan biaya logistik secara signifikan bagi negara Indonesia yang berbentuk kepulauan.

Menko Airlangga meyakini PSN telah terbukti bermanfaat bagi masyarakat akan terus berjalan pembangunannya.

“Saya yakin, apa yang masuk PSN adalah kebutuhan masyarakat dan seluruh program PSN, akan terus berjalan,” tegas Menko Airlangga.

Kemenko Perekonomian meluncurkan Program Sewindu Proyek Strategis Nasional (PSN) di untuk memperingati delapan tahun keberhasilan proyek-proyek strategis yang telah memberikan dampak positif terhadap masyarakat.

Penulis: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300