HeadlineNasional

Airlangga: Beri Kemudahan Caleg Perempuan saat Kampanye

310
×

Airlangga: Beri Kemudahan Caleg Perempuan saat Kampanye

Share this article

G24NEWS.TV, JAKARTA – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto meminta para kader Golkar memberi kemudahan bakal caleg perempuan dalam kampanye di pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2024 mendatang.

Airlangga menuturkan dalam Rakernas Partai Golkar banyak suara yang meminta agar memberikan kesempatan kepada wanita diberlakukan kuota 30 persen.

“Dan juga tentu kita untuk caleg perempuan diberikan kemudahan kemudahan dalam kampanye nanti,” kata Airlangga.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini menambahkan, seluruh ketua DPD Partai Golkar se-Indonesia, dan ketua umum organisasi massa hasta karya yang tergabung dalam Partai Golkar memiliki tanggung jawab atas pemenangan pileg, pilkada dan pilpres.

Baca Juga  Airlangga Tegaskan Program Makan Siang Gratis Bisa Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

“Baik oleh DPP, ketua ketua provinsi, ketua ketua kabupaten, kota dalam seluruh tingkatannya, seluruhnya berkewajiban untuk memenangkan Partai Golkar,” tutupnya.

Pusat Kajian Riset dan  Politik (Puskapol) Universitas Indonesia menunjukkan perkiraan persentase caleg perempuan yang terpilih pada Pemilu 2019 naik menjadi 20,5 persen atau paling tinggi sejak Pemilu 2004.

Direktur Eksekutif Puskapol UI Aditya Perdana menyebutkan, secara umum kenaikan keterpilihan caleg wanita tersebut terjadi di beberapa partai secara perlahan dari tahun 2004, yaitu PDI Perjuangan, Nasdem, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Baca Juga  Airlangga Hartarto Kunjungan Kerja ke Cirebon Naik Kereta Api

Menurut kajian Puskapol UI, pencapaian terbaik pada Pemilu 2019 dicatat oleh Nasdem dengan perolehan kursi sebesar 32,2 persen.

Nasdem adalah parpol pertama yang berhasil menembus angka 30 persen sejak pertama kali kebijakan kuota caleg perempuan diterapkan.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300