Lifestyle

7 Langkah untuk Ngajak Anak Main di Dapur

216
×

7 Langkah untuk Ngajak Anak Main di Dapur

Share this article
Ilustrasi 7 Langkah untuk Ngajak Anak Main di Dapur/Photo by August de Richelieu: https://www.pexels.com/photo/mother-and-daughter-preparing-avocado-toast-4259707/
7 Langkah untuk Ngajak Anak Main di Dapur

G24NEWS.TV, JAKARTA — Hey guys! Apakah di antar kalian ada yang udah jadi parent? Atau ada yang punya adik kecil? Ternyata, memperkenalkan dan mengajak anak terlibat aktif di dunia dapur itu penting banget, lho! Selain membantu bonding relasi dengan mereka, mengenalkan dunia dapur bermanfaat bagi motorik dan pertumbuhan mereka. Tapi gimana ya caranya? Yuk merapat!

  1. Buat Mereka Merasa Spesial

Perlu sekali membuat anak-anak merasa spesial dan diperhatikan, apalagi kalau mau memperkenalkan dunia dapur. Maka dari itu, ajaklah mereka memilih resep, cuci bahan-bahan, atau mencampur adonan. Dengan memberi mereka peran dan tanggung jawab, mereka akan merasa dibutuhkan dan semakin antusias dalam dapur.

  1. Pilih Resep yang Menarik

Cobalah memberikan pilihan resep yang menarik dan sesuai dengan minat anak-anak. Kamu bisa ajak anak membuat pizza mini atau sandwich yang bisa mereka hias sendiri. Bisa juga membuat menu manis seperti cupcake warna-warni. Atau menghias bubur dengan sayur yang sudah dicuci bersih dan dipotong. Menu yang menarik akan membuat anak-anak lebih bersemangat saat diajak memasak sekaligus meningkatkan kreativitas mereka.

  1. Ajarkan Mereka tentang Keamanan dan Kebersihan

Penting sekali mengajarkan mereka pentingnya keamanan saat berada di dapur, karena sebenarnya memasak itu banyak alat yang berbahaya jika dipakai gak sesuai dengan fungsinya. Sebelum mulai masak, latih penggunaan pisau dan perlengkapan dapur lainnya dengan bijak, supaya mereka terbiasa dengan kebersihan dan menjaga keselamatan mereka di dapur. Oh iya, sekarang in ijuga ada banyak pilihan perlengkapan masak yang child-friendly, jadi kamu bisa membeli alat-alat tersebut supaya lebih tenang saat melibatkan anak di dapur.

  1. Jelaskan tentang Bahan-bahan dan Nutrisi

Kamu bisa manfaatkan kegiatan memasak sebagai “kelas” untuk menjelaskan pentingnya nutrisi yang ia makan ke dalam tubuh. Beri tahu kalau makanan yang disiapkan selama ini sangat berguna untuk mengisi energi dan membuat dia sehat. Jelaskan jenis sayuran, buah, atau rempah yang digunakan untuk memasak. Ini membantu mereka memahami pentingnya makan makanan yang sehat dan bergizi.

  1. Ajak Mereka untuk Berbelanja Bahan-bahan

Biar proses memasak jadi lebih seru, kamu bisa banget ajak anak-anak belanja dan memilih bahan di pasar atau di supermarket. Bagi anak-anak, tempat sepert ini sangat menarik karena bahan makanan tertata rapi sesuai kelompok. Biarkan mereka memilih sayuran dan buah yang mereka suka. Dengan ikutan belanja, anak jadi bisa tahu betapa serunya memasak dan mengenal lebih banyak jenis bahan makan. 

  1. Beri Apresiasi atas Kontribusi Mereka

Pastinya setelah selesai memasak, kamu gak boleh lupa berikan apresiasi dan rasa terima kasih karena dia sudah membantu kamu di dapur. Puji mereka atas usaha dan kreativitas yang mereka tunjukkan. Lalu, ajaklah mencicipi masakan yang sudah dibuat. Ini akan meningkatkan rasa percaya diri mereka dan memberikan penghargaan atas kerja keras mereka.

  1. Bersih-bersih Bersama

Kalu udah selesai, tinggal bersihin dapur sama-sama deh! Mungkin dapurnya berantakan setelah merekaSelesai memasak, ajak anak-anak untuk membersihkan dapur bersama-sama. Ajarkan mereka tentang pentingnya kebersihan setelah memasak dan tanggung jawab untuk membersihkan alat-alat dapur. Bersih-bersih bersama juga dapat menjadi momen yang menyenangkan dan memperkuat ikatan keluarga.

Baca Juga  Jepang: Antara Budaya Klasik dan Kemajuan Futuristik

Jadi, Sobat Esensi, itulah beberapa tips dalam mengenalkan anak-anak pada dunia dapur dengan cara yang seru. Ingat, saat mengajak anak-anak memasak, keselamatan dan kebersihan harus tetap menjadi prioritas utama. Selamat bersenang-senang dan selamat mencoba resep-resep yang menarik!

banner 325x300