Lifestyle

10 Kuliner Kontroversial dari Manado, Ada yang Berani Makan?

453
×

10 Kuliner Kontroversial dari Manado, Ada yang Berani Makan?

Share this article
Ilustrasi Paniki/https://id.wikipedia.org/wiki/Paniki_%28makanan%29
This is the whole reason we came to this particular restaurant.

inG24NEWS.TV, JAKARTA — Hai guys! Kalau ngomongin makanan tradisional, kuliner tradisional Manado termasuk juaranya! Tapi tahu gak kalau Manado juga punya makanan unik dan sangat kontroversial. Berikut sepuluh makanan yang bakal bikin lidah kamu terkejut!

  1. Babi Liar atau Babi Hutan

Kita mulai dengan olahan makanan yang cukup lazim bagi beberapa daerah, tetapi juga haram untuk orang-orang tertentu. Babi liar akan diburu, lalu dimasak dengan bumbu rempah. Jangan salah, hidangan ini punya cita rasa yang kaya dan favorit bagi orang Manado.

  1. Anjing atau RW

Di Manado juga muncul masakan dari daging anjing, yang mereka sebut “rw”. Masakan ini sudah menjadi tradisi orang Manado yang diturunkan dari nenek moyang. Mungkin buat kalian pencinta anjing karena cute… kamu bakal sedih ya mendengar ini, tetapi menurut sebagian orang, makanan ini sangat lezat dan nagih, lho!

  1. Kucing

Sekarang beralih ke hewan peliharaan lainnya, yaitu kucing. Kalau di Manado, kucing juga bisa jadi santapan, lho, bahkan mereka makan kucing dengan sambal rica-rica. Wah, aneh banget ya? Meskipun ada banyak yang bilang kalau hidangan ini melanggar etika hewan, beberapa restoran di Manado masih menyediakan makanan ini. Tapi penting banget untuk diingat untuk menjaga kesejahteraan dan menjaga populasi hewan.

Baca Juga  Gorengan tetap Sehat, Ini 10 Tips Masak dengan Minyak!

4. Kelelawar atau Paniki

Sobat Esensi, siapa sangka kelelawar bisa diolah menjadi hidangan yang lezat? Di Manado, ada hidangan yang disebut paniki, yang terbuat dari daging kelelawar. Meskipun bagi sebagian orang mungkin terdengar tidak biasa atau bahkan haram, penduduk setempat menyukai kelezatan hidangan ini. Paniki biasanya disajikan dengan bumbu santan rempah khas Manado yang pedas dan menggugah selera.

5. Tikus atau Kawok

Tikus, ya tikus! Di Manado, tikus juga diolah menjadi hidangan yang unik. Tikus menjadi salah satu makanan yang dianggap haram dan tidak biasa bagi sebagian orang. Namun, bagi penduduk setempat, hidangan ini menjadi sajian yang biasa mereka nikmati. Tikus yang telah dibersihkan kemudian dipanggang lalu dimasak dengan bumbu khas, menghasilkan hidangan yang enak dan bikin ketagihan.

6. Burung

Burung juga menjadi hidangan yang unik dan biasa di Manado. Daging burung biasanya dimasak dengan bumbu rempah khas Manado, menghasilkan hidangan dengan rasa yang unik dan tekstur daging yang lezat.

7. Ular Patola

Hah, ular? Iya, orang Manado juga punya makanan unik terbuat dari ular patola/piton. Hidangan ini bisa dinikmati oleh beberapa orang, dan diolah dari ular yang telah dibersihkan kemudian dipanggang dengan rempah-rempah. Wanginya enak, tapi bagaimana ya dengan teksturnya?

Baca Juga  Makanan Tradisional Indonesia, Identitas Penting Bangsa Kita

8. Soa-soa

Masih dengan reptil, ada masakan unik terbuat dari biawak. Masyarakat Manado menyebutnya soa-soa. Sama kayak Ular Patola, Biawak ini dibersihkan lalu dipanggang dagingnya. Daging biawak bertekstur kenyal, dan cukup disukai oleh masyarakat di sana.

9. Keong atau Kolombi

Di Manado, keong dimasak dengan rica-rica yang pedas dan segar. Hidangan ini punya cita rasa yang unik dan kenikmatan yang berbeda dari hidangan keong biasa.

10. Katak atau Kodok

Katak, si binatang lucu dengan suara “krok krok” nya, ternyata juga bisa menjadi hidangan yang diolah oleh masyarakat Manado. Kodok rica-rica adalah hidangan yang terbuat dari daging katak yang dimasak dengan bumbu rempah khas. Rasanya gurih dan teksturnya yang kenyal membuat hidangan ini unik dan ternyata cukup menggugah selera, lho

Jadi, itu dia tujuh makanan unik dan beberapa juga haram dari Manado yang menawarkan pengalaman kuliner yang cukup menantang. Tapi kamu perlu ingat, walaupun enak, ada juga yang kontroversial dan melanggar etika atau suatu keyakinan. Kalau kamu suka dan mau share ke orang lain, sebaiknya pertimbangkan juga keyakinannya. Kalau kamu penasaran dan mau coba, dicek dulu ya asal dan kesehatannya! Selamat hunting kuliner, guys!

banner 325x300