Lifestyle

Kawasan Wisata Taman Laut Olele, Surga Bawah Laut di Gorontalo

208
×

Kawasan Wisata Taman Laut Olele, Surga Bawah Laut di Gorontalo

Share this article
Kawasan Wisata Taman Laut Olele, Surga Bawah Laut di Gorontalo
Kawasan Wisata Taman Laut Olele, Surga Bawah Laut di Gorontalo

G24NEWS.TV, JAKARTA – Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad memuji keindahan kawasan wisata taman laut Olele yang disebutnya sebagai surga bawah laut di Gorontalo.

Siapa sangka di daerah terpencil kawasan perkampungan nelayan di Desa Olele, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo ini menyimpan surga bawah laut yang sangat kaya dengan biota laut.

Di antaranya, Koral Salvador Dali yang langka dan hanya dapat ditemukan di Gorontalo, Ikan Napoleon dan Baracuda.  Kawasan yang dikenal sebagai Taman Laut Olele ini, juga menjadi salah satu spot diving terbaik di dunia.

Fadel mengaku merasakan luarbiasanya pemandangan bawah laut Olele, saat beberapa kali melakukan diving di kawasan wisata bahari yang mendapat julukan *’The Hidden Paradise in Sulawesi’* ini.

“Saya sudah merasakan diving di beberapa lokasi, baik di dalam negeri dan luar negeri.  Ternyata,  lokasi diving di Taman Laut Olele juga tidak tidak kalah bagus.  Olele betul-betul merupakan surganya pada divers dunia.  Ada sekitar 20 spot yang bisa dijelajahi,” katanya.

Baca Juga  Fadel Muhammad Tekankan Pentingnya Perhatian DPD pada Dana TKD

Untuk diketahui, ternyata yang mencanangkan Olele sebagai kawasan wisata pada tahun 2005 adalah Fadel Muhammad, yang pada saat itu menjabat sebagai Gubernur Gorontalo.

Satu tahun berikutnya, Taman Laut Olele ditetapkan sebagai Kawasan Konservasi Laut Daerah (KKLD).

Namun, dalam perkembangannya, Fadel Muhammad mengakui bahwa Taman Wisata Laut ini belum begitu terekspos secara massif, dibanding kawasan wisata bahari lainnya seperti di Manado.

“Pemda setempat harus secepatnya melakukan berbagai upaya, untuk lebih memperkenalkan Olele. Seperti menggelar berbagai festival atau gebyar wisata level nasional dan dunia, sehingga jumlah kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara makin meningkat,” tambahnya.

Fadel sendiri mengaku sangat _concern_ akan hal tersebut. Berbagai upaya juga dilakukannya untuk meningkatkan jumlah  kunjungan wisatawan.

Di antaranya, melakukan dialog dan pendekatan dengan beberapa pihak, seperti maskapai penerbangan agar ada rute penerbangan rutin langsung dari Manado ke Gorontalo.

Baca Juga  Ramai Nih, Ada Tujuh Panggung di Sudirman-Thamrin saat Malam Tahun Baru 2023 

“Komunikasi baru dilakukan dengan salah satu grup maskapai besar di Indonesia. Saya berharap, dengan dukungan besar dari Pemda Gorontalo, mudah-mudahan akan terwujud di Minggu depan,” terangnya.

Di kesempatan yang sama, Yunis Amus seorang Divemaster asli Gorontalo, mengungkapkan bahwa memang ada beberapa spot diving bagus untuk divers pemula dan profesional di Taman Laut Olele.  Dua diantara yang direkomendasikannya adalah ‘spot Traffic Circle dan ‘Sentinel’.

“Di dua spot itu, divers bisa melihat dan memberi makan banyak ikan yang sangat indah dan jinak,” katanya.

Yunis juga memberi saran, agar bisa menikmati keindahan alam Olele lebih maksimal, kunjungan lebih baik dilakukan pada bulan Oktober hingga Mei. Sebab, di rentang waktu itu, arus laut tidak begitu kencang dan cuaca sangat bersahabat.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300