Politik

Wakil Ketum Golkar Bamsoet: Demokrasi Indonesia Semakin Maju

234
×

Wakil Ketum Golkar Bamsoet: Demokrasi Indonesia Semakin Maju

Share this article
Ketua MPR RI dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo memberikan sambutan dalam acara Advanced Training LK3 Badan Koordinasi HMI Jawa Barat secara virtual dari Jakarta, Senin (13/3/2023). Foto: Ist
Ketua MPR RI dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo.

G24NEWS.TV, JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan Indonesia telah mengalami kemajuan dalam membangun demokrasi.

Untuk itu, Wakil Ketua Umum Partai Golkar yang sering juga dinamai dengan Bamsoet itu, menilai sudah sepatutnya masyarakat bersyukur dengan kemajuan itu.

Dia menjelaskan indikator kemajuan demokrasi, antara lain terlihat dari penyelenggaraan Pemilu yang semakin transparan, seiring dengan perjalanan waktu.

“Proses Pemilu dapat diawasi oleh berbagai pihak, termasuk lembaga pengawas pemilu, organisasi masyarakat sipil, dan lembaga swadaya masyarakat,” jelasnya, dalam acara Advanced Training LK3 Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam Jawa Barat, secara virtual dari Jakarta, Senin (32/3/23).

Indikator lainnya adalah kebebasan pers dan media yang semakin meningkat, terutama dengan kehadiran platform media sosial, sehingga akses informasi kian lebih luas dan cepat.

Baca Juga  Bambang Soesatyo: Identitas Golkar Tak Bisa Lepas Dari Partai Pembangunan

“Meskipun masih dijumpai berbagai percik persoalan, secara umum indeks kebebasan pers meningkat dari tahun ke tahun,” tambahnya.

Politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) ini memaparkan survei Dewan Pers yang menunjukkan indeks kebebasan pers Indonesia selama lima tahun terakhir naik.

Dari 69 poin pada tahun 2018, meningkat hingga 77,88 poin pada tahun 2022. Survei dilakukan kepada 340 informan ahli dan 10 anggota penyelia nasional.

Peran Indonesia Penting Dalam Forum Global

Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menambahkan Indonesia juga menjadi anggota G-20 (Group of Twenty).

Baca Juga  Bamsoet Dukung Kerjasama Pertukaran Pelajar Indonesia-Korea

“G-20 merupakan forum yang beranggotakan 19 negara maju ditambah Uni Eropa,” jelas Bamsoet yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila.

Sebagai salah satu negara dengan ekonomi terbesar di kawasan Asia, Indonesia berperan penting dalam merumuskan kebijakan ekonomi global.

Kesuksesan Indonesia menjalankan tugas Presidensi G-20 tahun 2022, jelasnya, kemudian dilanjutkan dengan kepemimpinan Indonesia sebagai Ketua ASEAN tahun 2023.

Indonesia juga menjadi salah satu anggota aktif di PBB dan memainkan peran penting dalam membentuk kebijakan global di bidang perdamaian, keamanan, hak asasi manusia dan lingkungan hidup.*

Penulis: Nyoman Adiikusuma
Editor: Administrator G24News

banner 325x300