Nasional

Undip Akan Buka Prodi Pascasarjana Tata Kelola Pengawasan Pemilu

206
×

Undip Akan Buka Prodi Pascasarjana Tata Kelola Pengawasan Pemilu

Share this article
Undip Akan Buka Prodi Pascasarjana Tata Kelola Pengawasan Pemilu
Undip Akan Buka Prodi Pascasarjana Tata Kelola Pengawasan Pemilu

G24NEWS.TV, JAKARTA –Universitas Diponegoro (Undip), Jawa Tengah akan mendukung kerja-kerja Bawaslu melalui pembukaan program studi (prodi) pascasarjana Tata Kelola Pengawasan Pemilu.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Undip, Hardi Warsono mengatakan program ini diharapkan dapat mulai berjalan pada tahun akademik 2024.

Untuk menunjang hal tersebut, Hardi mengatakan perlu adanya bentuk kerja sama yang konkret antara Bawaslu dan Undip yaitu mengenai penyusunan kurikulum. Dia mengatakan, perlu mendapat masukan dari Bawaslu mengenai kompetensi lulusan seperti apa yang diharapkan.

“Dari kompetensi yang diinginkan itulah kemudian menyusun kurikulum, mata kuliah apa yang diperlukan agar capaian pembelajaran itu tercapai,” ungkapnya saat melakukan penandatanganan kerjasama dengan Bawaslu pada Kamis, (10/8/2023) di Semarang, Jawa Tengah.

Baca Juga  Peneliti: Golkar Dirancang Jadi Jalan Tengah Kebuntuan Ideologi Partai  

Hardi mengingatkan dalam kerjasama yang bersifat kolaboratif, ada tiga hal yang perlu diperhatikan bersama. Pertama adalah, bahwa antara pihak-pihak bersepakat tidak ada dominasi yang artinya, setara, sejajar, dan hirarkis. Kedua semua pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pihak adalah bersifat otonom. Dan yang ketiga yang tidak kalah pentingnya kesediaannya masing-masing pihak untuk resource sharing terkait kerjasama.

Mendukung hal tersebut, Sekretaris Jenderal Bawaslu, Ichsan Fuady mengatakan akan menindaklanjuti apa yang diharapkan oleh pihak Undip. Menurutnya, kerjsama tidak boleh hanya sekedar di atas kertas, harus ditindaklajuti dengan pola-pola selanjutnya yang mendukung kerjasama tersebut.

“Harapannya nanti kerjasama kita ini tidak hanya berhenti di sini saja, maka tindaklanjut dari ini adalah menentukan Rencana implementasi kerja sama itu seperti apa, harus segera kita lakukan. Nanti akan ada tim untuk menentukan itu dan nanti paling tidak bisa merumuskan apa, kapan, dimana, bagaimana melakukannya, dan melakukannya untuk menghasilkan output apa. Dan tidak kalah penting adalah pembiayannya berapa dan dilakukan oleh siapa saja,” ungak pria yang karib disapa Fuady.

Baca Juga  LPDP Sediakan Beasiswa Parsial untuk S2 dan S3, Begini Daftarnya

Sebagai informasi, selain akan membuka prodi pascasarjana Tata Kelola Pengawasan Pemilu, Bawaslu dan Undip akan bekerjasama dalam penelitan, pelatihan, dan penerbitan di bidang penyelenggaraan pengawasan Pemilihan Umum.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300