Video

Tokoh Perempuan Golkar Airin Rachmi Berhasil Bawa UMKM Tangsel Go Internasional

245
×

Tokoh Perempuan Golkar Airin Rachmi Berhasil Bawa UMKM Tangsel Go Internasional

Share this article
tokoh perempuan golkar airin rac
tokoh-perempuan-golkar-airin-rac

Mantan Wali Kota (Walkot) Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany berhasil mendorong para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Tangsel untuk go international.

“Tahun 2021, UMKM asal Tangsel (melalui Koperasi Anggrek Bulan Tangsel) berhasil mengekspor beragam produknya masuk ke pasar Papua Nugini dengan nilai transaksi yang dihasilkan mencapai 100.000 dollar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 1,5 miliar,” ungkap Airin dalam video yang diunggah dalam kanal YouTube G24 Channel, Jumat (14/10/2022).

Ketua Umum Kesatuan Perempuan Partai Golongan Karya (Golkar) itu mengaku bangga dengan hasil kerja keras dari Koperasi Anggrek Bulan Tangsel. Pasalnya, koperasi ini berhasil memasarkan produk-produk UMKM ke luar negeri selama pandemi Covid-19.

Baca Juga  Sosok Taufan Pawe, Tokoh Golkar yang Raih Tiga Penghargaan Nasional dalam Dua Hari Berturut

“(Produk UMKM) dari Koperasi Anggrek Bulan Tangsel ini sudah ada peningkatan kualitas, sehingga mereka bisa bersaing dengan produk-produk UMKM lainnya yang ada di luar wilayah Tangsel.

“Selain itu, persoalan permodalan juga secara bertahap kita mendorong untuk bisa bekerja sama atau mendapatkan akses terhadap perbankan, koperasi, atau yang lainnya,” ujar Airin.

Berkat kerja keras dan dorongan dari Airin, dalam kurun waktu lima tahun, pendapatan domestik regional bruto (PDRB) per kapita di Tangsel mengalami kenaikan sebesar Rp 47,39 juta.

Tak hanya itu, indeks pembangunan manusia (IPM) pun mengalami kenaikan. Bahkan kenaikan ini melampaui Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta.

“Jumlah UMKM di Tangsel mulai naik dengan signifikan. Pada 2021, ada sekitar 90.000 UMKM dari yang sebelumnya hanya di kisaran 26.000 UMKM. Salah satu alasannya kita mengalami peningkatan yang begitu signifikan karena menggunakan teknologi dan terus melakukan inovasi,” jelas Airin.

Baca Juga  Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto Pimpin Delegasi RI di APEC 2022

Berkat pencapaian yang dilakukannya, Airin Rachmi berhasil menuai pujian “Sangat Baik” dari Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga.

“Selama kepemimpinannya, kinerja ekonomi dan perdagangan di Tangsel menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia, bahkan bisa mengalahkan kota besar seperti DKI Jakarta,” ujar Jerry.

Oleh karena itu, setelah pensiun menjabat sebagai Walkot TangselAirin dipercaya mengemban tugas sebagai Ketua Indonesia Council for Small Business Provinsi Banten.

banner 325x300