Politik

TKD Yakin Mampu Pertahankan Dominasi Prabowo-Gibran di NTB

116
×

TKD Yakin Mampu Pertahankan Dominasi Prabowo-Gibran di NTB

Share this article
Capres dan cawapres 2024 Prabowo-Gibran. Foto: Ist
Capres dan cawapres 2024 Prabowo-Gibran. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA – Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Nusa Tenggara Barat menanggapi statemen Calon Presiden nomor urut satu Anies Baswedan yang bisa mengalahkan dominasi Prabowo Subianto di wilayah itu pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Sekretaris TKD Prabowo-Gibran NTB Nauvar Furqani Farinduan mengatakan, Anies mesti bicara berbasis data ilmiah atau data lembaga survei jikalau mengatakan sesumbar menang di NTB.

“Pertama tentu kita hargai (pernyataan Anies), namanya pasangan calon (paslon) capres menyampaikan dirinya lebih unggul ketimbang yang lain, itu wajar. Tapi untuk bicara konteks NTB kan harus berbasis data kekinian dan kesejarahan,” ujarnya melalui telepon di Mataram, Rabu.

Saat ini, kata Farin belum muncul data atau angka yang menunjukkan Anies-Muhaimin atau AMIN lebih dominan daripada Prabowo-Gibran di NTB.

“Kalau dikatakan bahwa bisa menggeser dominasi Prabowo, dari sisi data objektif saja belum pernah ada data yang muncul memberikan gambaran bahwa AMIN lebih unggul dari Prabowo-Gibran,” terangnya.

Baca Juga  Prabowo Terima Penghargaan Militer Tertinggi Dari Pemerintah Singapura

Prabowo Menang 2 Pilpres di NTB

Sekretaris DPD Partai Gerindra NTB itu mengaku, Prabowo telah terbukti memenangkan dua kali episode pilpres sebelumnya di NTB.

Kesejarahan itu, kata Farin membuat pihaknya tetap yakin NTB akan tetap menjadi lumbung suara Prabowo-Gibran di 2024.

“Pertanyaannya, apakah dominasi Pak Prabowo terdegradasi hari ini? Bisa saja. Karena ada tiga paslon. Tapi kalau dikatakan bahwa Prabowo akan terlampaui rasanya agak sulit kalau berdasarkan dua indikator itu (berbasis data dan kesejarahan),” ungkap Wakil Ketua DPRD NTB itu.

Alasan lain yang membuat pihaknya masih yakin Prabowo-Gibran bakal menang di NTB adalah parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM) di NTB mayoritas diisi oleh partai besar di NTB.

Koalisi parpol pengusung Prabowo-Gibran secara akumulatif menguasai sekira 48,06 persen berdasarkan hasil pemilu 2019 silam. Hal itu terdiri atas Partai Gerindra 16,6 persen, Partai Golkar 12,53 persen, Partai Demokrat 7,78 persen, Partai Amanat Nasional (PAN) 7,5 persen, Partai Bulan Bintang (PBB) 2,75 persen, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) 0,9 persen, ditambah lagi dengan kekuatan Partai Gelora yang baru menjadi peserta pemilu di 2024 mendatang.

Baca Juga  Dave Laksono Harap Pemilu 2024 Berlangsung Damai dan Sejuk

Sementara parpol Koalisi Perubahan Anies-Cak Imin punya bekal suara 24,15 persen. Yang terdiri atas Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 10,99 persen, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 7,12 persen, dan Partai NasDem 6,04 persen.

Sementara Ganjar-Mahfud di posisi paling buncit. Mereka punya penguasaan sekitar 21,68 persen. Dengan rincian Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 8,15 persen, PDIP 7,32 persen, Hanura 3,82 persen, serta Perindo 2,39 persen.

(ANTARA)

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300