Nasional

Meutya Hafidz Tingkatkan Kerja Sama Keamanan Maritim Indonesia-Jepang

165
×

Meutya Hafidz Tingkatkan Kerja Sama Keamanan Maritim Indonesia-Jepang

Share this article
Meutya Hafidz Tingkatkan Kerja Sama Keamanan Maritim Indonesia-Jepang
Meutya Hafidz Tingkatkan Kerja Sama Keamanan Maritim Indonesia-Jepang

G24NEWS.TV, JAKARTA –  Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid menerima kunjungan delegasi empat Anggota Parlemen Jepang yakni Onodera Itsunori, Kihara Minoru, Wada Yoshiaki, dan Matsukawa Rui.

Dalam pertemuan tersebut, kedua parlemen membahas mengenai peningkatan kerja sama pertahanan terutama dalam kerja sama keamanan maritim.

“Ini kebetulan yang diutus adalah anggota parlemen yang dua periode menjadi Menteri Pertahanan di Jepang. Jadi, tadi memang beliau fokus untuk meningkatkan kerja sama pertahanan terutama karena memang Jepang itu kuat dalam pengembangan maritim jadi yang didorong juga tadi adalah bagaimana sama-sama menjaga keamanan maritim, keamanan kawasan khususnya di perairan,” ujar Meutya.

Baca Juga  Ekonomi ASEAN+3 Diproyeksi Membaik Setelah China Pulih 

Selain itu, Indonesia juga meminta dukungan terhadap Parlemen Jepang terkait kebijakan hilirisasi yang saat ini didorong oleh Pemerintah Indonesia. Kebijakan hilirisasi merupakan salah satu strategi pemerintah untuk meningkatkan nilai tambah pada hasil sumber daya alam baik pada sektor tambang, kehutanan dan kelautan untuk menjadi produk hilir yang berkualitas.

“Kita tentu juga meminta dari pihak Indonesia didukung terkait kebijakan hilirisasi yang saat ini sedang didorong oleh pemerintah agar dalam forum-forum seperti di WTO atau pun juga di Uni Eropa, Jepang sebagai negara sahabat bisa juga mendukung program hilirisasi di Indonesia. Agar Indonesia kuat secara ekonomi dan kemudian tentu bisa menjadi partner yang lebih equal dengan Jepang,” tutur Politisi Fraksi Partai Golkar ini.

Baca Juga  Bamsoet Ajak Sukseskan Gelaran E-Prix

Lanjutnya, kerja sama dalam sektor pariwisata dan pendidikan juga diharapkan dapat semakin banyak. Terutama dalam hal meningkatkan wisatawan Jepang dan pertukaran pelajar.

“Meskipun sudah banyak ya, pertama wisatawan kemudian pertukaran pelajar tapi kita tadi sepakat untuk juga untuk lebih banyak lagi mendorong wisatawan atau pun juga pertukaran pelajar antara Indonesia dengan Jepang,” tandasnya.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300