Lifestyle

Teknologi Blockchain, Kemajuan Masa Depan

92
×

Teknologi Blockchain, Kemajuan Masa Depan

Share this article

G24NEWS.TV, JAKARTA – Guys, kali ini kita bakal bahas tentang teknologi yang lagi naik daun, yaitu blockchain. Mungkin udah pada denger tentang istilah ini, tapi belum pada ngerti apa itu sebenarnya. Tenang, kita bakal jelasin di artikel ini. Yuk!

Jadi, blockchain adalah sistem yang dipake buat nyimpen data secara terenkripsi, yang nggak bisa diubah atau dimanipulasi. Gimana caranya? Nah, sistem ini tuh punya database yang disebut dengan “block” yang berisi informasi dan transaksi. Nah, setiap block ini terhubung dengan block lainnya dan membentuk rantai yang berkelanjutan. Makanya namanya juga blockchain.

Blockchain nggak cuma dipake buat mata uang digital, seperti Bitcoin, tapi juga bisa dipake buat banyak hal lainnya. Misalnya, blockchain bisa dipake buat mengamankan data pribadi, seperti informasi medis atau keuangan. Data-data itu disimpen di dalam block-chain dengan tingkat keamanan yang tinggi, jadi nggak perlu khawatir deh kalo data kita bakal ketebak atau diretas.

Baca Juga  Bersih Itu Lifestyle, Bukan Cuma Tren

Nah, yang bikin blockchain ini unik adalah cara kerjanya yang transparan dan aman. Setiap data yang dimasukin ke dalam blockchain ini punya “tanda tangan” digital yang unik, jadi nggak bisa diganti-ganti begitu aja. Selain itu, semua transaksi yang terjadi di blockchain juga bisa dilihat dan diakses oleh semua orang yang punya akses. Jadi, nggak ada yang bisa ngemplang atau memanipulasi data di blockchain.

Selain itu, blockchain juga punya potensi besar buat ngubah cara bisnis dilakuin. Misalnya, kita tau kan kalo bisnis itu biasanya pake perantara, kayak bank atau lembaga keuangan lainnya. Nah, dengan blockchain, kita bisa buat transaksi bisnis secara langsung, tanpa perantara. Hemat waktu, hemat biaya, dan juga ngurangin risiko kecurangan.

Baca Juga  Vacuum Flask: Si Energi Sip, Pendamping Generasi Muda yang Aktif

Nggak cuma di bidang bisnis, blockchain juga punya potensi buat ngubah cara kerja industri musik dan hiburan. Kita sering denger kan kalo musisi dan pencipta konten sering kesulitan ngontrol dan melindungi hak cipta mereka? Nah, dengan blockchain, mereka bisa punya kontrol lebih atas karya-karya mereka. Jadi, nggak ada lagi yang bisa nyolong atau mengklaim karya orang lain.

 

Penulis: Nyoman Adikusuma

Editor: Lala Lala

banner 325x300