Ekonomi

Fadel Muhammad Tekankan Pentingnya Perhatian DPD pada Dana TKD

177
×

Fadel Muhammad Tekankan Pentingnya Perhatian DPD pada Dana TKD

Share this article
Fadel Muhammad Tekankan Pentingnya Perhatian DPD pada Dana TKD
Fadel Muhammad Tekankan Pentingnya Perhatian DPD pada Dana TKD

G24NEWS.TV, JAKARTA – Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad mendorong DPD memberikan perhatian pada dana TKD agar bisa berlangsung dengan baik.

Karena peran dan manfaat TKD dalam kelangsungan program pembangunan di daerah sangat penting. Mampu mendukung  kelancaran dan    optimalisasi pembangunan.

Fadel berharap DPD memberikan perhatian lebih besar dalam urusan TKD sebagai wujud perhatiannya kepada daerah.

Karena sudah terbukti, kehadiran dana TKD  mampu menambah geliat sektor ekonomi. Dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

“Saya sangat concern dengan dana TKD, kehadirannya menjadi instrumen yang penting, untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi. Saya juga  akan mengajak DPD memberikan perhatian lebih besar kepada urusan yang satu ini, supaya pertumbuhan ekonomi daerah semakin dapat dirasakan,” kata Fadel Muhammad menambahkan.

Baca Juga  Ekonomi Digital jadi Peluang Baru dalam Pemulihan Ekonomi

Sayangnya, kata Fadel aliran TKD ke daerah acapkali terkesan lambat. Situasi ini harus diperbaiki dan tidak boleh terulang kembali, karena bisa menghambat laju pembangunan dan pertumbuhan ekonomi.

“Ini harus menjadi perhatian dan perjuangan  DPD,  agar  daerah bisa  merasakan keberadaan kita,” pungkasnya.

Sebelumnya, Anggota Komite IV DPD RI dari  Bali sekaligus Koordinator Tim Dr. Made Mangku Pastika,M.M. mengatakan realisasi anggaran TKD   ke provinsi, ini berdasar  data Simtrada per tanggal 20 Juni 2023 baru mencapai Rp 842,52 Miliar dari Rp 2,150 Triliun atau 39,18%.

Jumlah anggaran tersebut terdiri dari realisasi Dana Bagi Hasil (DBH) sebesar 35,09 Miliar atau 25%, DAU sebesar Rp567,03 Miliar atau 45,60%, DAK Fisik Rp10,93 Miliar atau 9,46%, DAK Non Fisik 228,92 Miliar atau 38,89%, dan untuk Dana Insentif Daerah belum ada realisasi.

Baca Juga  Syarat Pendaftaran Anggota DPD Dibuka Mulai 1 Mei 2023

Sedangkan, dana transfer ke daerah yang belum terealisasi sampai dengan Juni 2023, antara lain DAK Fisik Bidang Jalan dan Bidang Irigasi, serta DAK Fisik Bidang Kesehatan, yang saat ini masih dalam proses penyelesaian kontrak sebagai salah satu persyaratan penyaluran DAK Fisik.

Sedangkan untuk Dana Insentif Daerah (DID) diperkirakan akan terealisasi Bulan Juli 2023.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

 

banner 325x300