Nasional

Tegakan Keadilan Pemilu Melalui Sengketa Proses Pemilu

234
×

Tegakan Keadilan Pemilu Melalui Sengketa Proses Pemilu

Share this article
Tegakan Keadilan Pemilu Melalui Sengketa Proses Pemilu
Tegakan Keadilan Pemilu Melalui Sengketa Proses Pemilu

G24NEWS.TV, JAKARTA – Anggota Bawaslu Puadi menjabarkan upaya Bawaslu dalam menegakkan keadilan pemilu melalui penyelesaian sengketa proses pemilu.

Menurutnya, penyelesaian sengketa proses pemilu merupakan bagian dari jenis penegakan hukum pemilu yang diatur dalam UU Pemilu demi memastikan adanya penyelenggaraan pemilu yang berkeadilan.

“Sistem keadilan pemilu itu sendiri dikembangkan untuk mencegah dan mengidentifikasi ketidakberesan pada pemilu, sekaligus sebagai sarana dan mekanisme untuk membenahi ketidakberesan tersebut dan memberikan sanksi kepada pelaku pelanggaran,” ujarnya.

Mantan Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta tersebut mengungkapkan upaya menegakkan keadilan pemilu, mencakup cara dan mekanisme yang tersedia di suatu negara tertentu, komunitas lokal atau di tingkat regional atau internasional.

Baca Juga  Nurul Arifin: UU Landas Kontinen Vital Jaga Kedaulatan NKRI

“Yang kesemuanya itu untuk menjamin bahwa setiap tindakan prosedur, dan keputusan terkait dengan proses pemilu sesuai dengan kerangka hukum; melindungi atau memulihkan hak pilih; dan memungkinkan warga yang meyakini bahwa hak pilih mereka telah dilanggar untuk mengajukan pengaduan, mengikuti persidangan, dan mendapatkan putusan,” ungkapnya.

Calon kandidat doktoral tersebut juga menyebut, objek yang dapat dijadikan sengketa. Semisal, Keputusan KPU; Keputusan KPU provinsi; Keputusan KPU kabupaten/kota; dan Berita acara.

Baca Juga  Komisi VI DPR RI Setujui Ratifikasi Protokol Perubahan IC-CEPA

Akan tetapi dia menambahkan ada pula pembatasan Keputusan KPU yang tidak dapat dijadikan objek sngketa.

Misalnya, kata dia, surat keputusan atau berita acara KPU, KPU  Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota yang merupakan tindak lanjut dari Putusan Pelanggaran Administratif Pemilu atau Putusan Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu oleh Bawaslu, Bawaslu Provinsi, atau Bawaslu Kabupaten/Kota.

“Ada Keputusan KPU yang dapat dijadikan objek sengketa, dan ada pula yang tidak dapat ditindaklanjuti,” terangnya.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300