Daerah

Tasikmalaya Diguncang Dua Kali Gempa, Tak Ada Kerusakan

257
×

Tasikmalaya Diguncang Dua Kali Gempa, Tak Ada Kerusakan

Share this article
gempa tasik
gempa-tasik

G24NEWS.TV, JAKARTA – Gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 2,9 dan 2,8 terjadi di Tasikmalaya, Jawa Barat pada Minggu (4/12), pukul 04.34 dan 04.39 WIB, menurut laporan BMKG.

Koordinat gempa yang pertama terjadi pada 7.39 Lintang Selatan dan 108.23 Bujur Timur. Lalu gempa yang kedua pada koordinat 7.38 Lintang Selatan dan 108.23 Bujur Timur.

“(Gempa) berlokasi di darat pada jarak 9 km dan 8 km tenggara Kota Tasikmalaya,” tulis pengumuman BMKG.

Baca Juga  Memantau Persiapan Pemilu di Kota Solo

Gempa dua kali di Kota Tasikmalaya, dari hasil analisa BMKG ini merupakan gempa dangkal. Penyebab gempa terjadi akibat aktivitas sesar lokal di wilayah setempat.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas aktivitas sesar lokal di wilayah setempat,” jelas BMKG.

BMKG melaporkan gempa di Kota Tasikmalaya dirasakan dengan skala intensitas II-III MMI. Atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang hingga getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Baca Juga  Syafi Djohan Kukuhkan Calon Saksi untuk Kemenangan Partai Golkar di Dapil 10 Jakarta 

Saat ini, BMKG memastikan belum ada laporan kerusakan bangunan atas dampak gempa tersebut. BMKG pun mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut,” pungkasnya.

banner 325x300