Politik

Tantangan Pemilu 2024 Mulai Politisasi Identitas sampai Netralitas ASN

148
×

Tantangan Pemilu 2024 Mulai Politisasi Identitas sampai Netralitas ASN

Share this article
Tantangan Pemilu 2024 Mulai Politisasi Identitas sampai Netralitas ASN
Tantangan Pemilu 2024 Mulai Politisasi Identitas sampai Netralitas ASN

G24NEWS.TV, JAKARTA –  Anggota Bawaslu Totok Hariyono berharap politisasi identitas tidak terjadi di Pemilu 2024.

Dia menjelaskan politisasi identitas adalah upaya memanfaatkan politik identitas untuk kepentingan politik tertentu yang berpotensi menghina, menghasut, dan memecah-belah anak bangsa.

“Ini yang tidak boleh, politisasi identitas itu yang tidak boleh, kalau politik identitas itu sudah ada dalam diri kita dan tidak bisa diingkari,” katanya saat memberi bimbingan teknis anggota DPRD Partai Bulan Bintang (PBB) di Jakarta, Kamis (28/9/2023).

Menurutnya, persoalan politik identitas ini merupakan salah satu tantangan dalam Pemilu 2024 mendatang. Tantangan lain selain politik identitas, kata dia, soal politik uang.

Baca Juga  Relawan Angkatan Muda Prabowo Gencar Kampanye di Bekasi

Dia menjelaskan terminologi politik uang dalam undang-undang pemilu hanya mencakup tiga hal, pertama saat masa kampanye, saat masa tenang, dan saat pencoblosan. “Di luar itu tidak ada normanya, tidak ada hukumnya. Dalam undang-undang yang disebut politik uang hanya yang ada di tiga tempat tersebut,” ujarnya.

Tantangan Pemilu 2024 selanjutnya, kata dia yaitu hoaks atau berita bohong. Dia menjelaskan berdasarkan data Mafindo pada tahun 2022 Hoaks Politik mencapai 549 buah dari total 1.698 hoaks (32,3%).

Baca Juga  Bawaslu Kolaborasi dengan Masyarakat Ciptakan Pemilu Aman

Tantangan Pemilu 2024 lainnya, sebut Totok yaitu persoalan netralitas ASN, TNI, Polri, penyelenggara pemilu, dan semua pihak yang dilarang ikut dalam kampanye.

Untuk itu dia meminta kepada masyarakat untuk bersama-sama mengawasi soal netralitas ini, juga terhadap penyelenggara pemilu. “Kalau penyelenggaranya tidak netral, tidak berintegritas silakan laporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu,” tegasnya.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300