Lifestyle

Tampil Stylish Melalui Wearable Tech, Makin Up to Date

137
×

Tampil Stylish Melalui Wearable Tech, Makin Up to Date

Share this article

G24NEWS.TV, JAKARTA – Kali ini kita mau bahas tentang fashion berbasis teknologi, nih. Kita nggak cuma tampil keren, tapi juga bisa stay up to date dengan perkembangan terkini dalam pakaian cerdas dan wearable tech. Yuk simak!

Pertama-tama, mari kita bahas soal pakaian cerdas. Pakaian cerdas atau smart clothing menggabungkan teknologi dengan fashion dalam satu paket. Misalnya, ada pakaian dengan sensor-sensor yang bisa mengukur detak jantung, suhu tubuh, atau bahkan tingkat kelembaban kulit. Dengan teknologi ini, kita bisa melacak kesehatan kita secara real-time dan mengoptimalkan aktivitas olahraga kita. Bukan cuma itu, ada juga pakaian cerdas yang dilengkapi dengan teknologi anti-bakteri atau perlindungan dari sinar UV. Jadi, kita bisa tampil keren dan tetap menjaga kesehatan kita sekaligus.

Selain itu, ada juga wearable tech yang nggak kalah keren. Ini adalah perangkat elektronik yang dikenakan di tubuh, seperti smartwatch, smart glasses, atau smart jewelry. Smartwatch udah jadi favorit banyak orang karena bisa memberikan notifikasi, melacak aktivitas fisik, atau bahkan memainkan musik. Smart glasses bisa memberikan informasi yang berguna saat kita sedang bepergian atau beraktivitas. Sedangkan smart jewelery, seperti gelang pintar atau kalung pintar, nggak cuma bikin kita tampil gaya, tapi juga bisa memberikan notifikasi penting atau melacak kesehatan kita.

Baca Juga  Nyari Ide Healing? Ke To' Tombi Lolai Aja, Negeri di Atas Awan

Teknologi dalam fashion juga membuka peluang bagi perkembangan bahan-bahan inovatif yang bisa mengubah dunia fashion. Misalnya, ada bahan yang bisa mengubah warna atau pola sesuai dengan perubahan suhu atau cahaya. Jadi, kita bisa punya pakaian yang berubah-ubah warnanya sesuai dengan suasana hati atau lingkungan sekitar. Ada juga bahan yang bisa menghasilkan energi listrik dari gerakan tubuh kita, jadi kita bisa punya pakaian yang bisa mengisi daya perangkat elektronik kita. Bahan-bahan seperti ini membuka pintu bagi kreativitas desainer dan menciptakan pengalaman fashion yang nggak pernah kita bayangkan sebelumnya.

Baca Juga  Meatballs Swedia Awalnya Dari Turki: Mitos atau Fakta?

Perkembangan teknologi dalam fashion juga nggak terlepas dari keberlanjutan. Banyak brand fashion yang menggunakan teknologi untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Misalnya, ada pakaian yang terbuat dari bahan daur ulang atau menggunakan proses produksi yang ramah lingkungan. Selain itu, teknologi juga digunakan dalam monitoring rantai pasokan, sehingga brand bisa memastikan bahwa pakaian mereka diproduksi dengan cara yang etis dan bertanggung jawab.

 

Penulis: Nyoman Adikusuma

Editor: Lala Lala

banner 325x300