HeadlineNasional

Survei NSN Terbaru, Elektabilitas Partai Golkar Masuk Tiga Besar di DKI Jakarta

257
×

Survei NSN Terbaru, Elektabilitas Partai Golkar Masuk Tiga Besar di DKI Jakarta

Share this article
Bendera Partai Golkar
Ketua Umum PKB Tegaskan Kursi Menpora Jatah Partai Golkar/Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA — Survei Nusantara Strategic Network (NSN) menunjukkan elektabilitas Partai Golkar mencapai 10,0 persen di DKI Jakarta. Sementara elektabilitas PDIP mencapai 24,5 persen, disusul oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebesar 20,3 persen.

“PDIP, PSI, dan Golkar menduduki posisi tiga besar partai politik di DKI Jakarta,” kata Direktur Program NSN Riandi dalam hasil survei yang diterima di Jakarta, dikutip Antara, Kamis (16/3).

Ketika menyampaikan paparan hasil survei Riandi menyoroti posisi PDIP dan PSI yang merupakan oposisi mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Meskipun tensi politik relatif sudah mereda seiring lengser-nya Anies, tetapi PDIP dan PSI masih mendulang dukungan publik yang paling tinggi.

Setelah Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menggantikan Anies, PDIP dan PSI kerap melontarkan pujian, misalnya, dalam kasus sodetan Ciliwung.

Baca Juga  DPD Golkar Kota Malang Serahkan 45 Nama Bacaleg, 40 Persen Perempuan

“Baik PDIP maupun PSI meminta Heru melakukan evaluasi terhadap kebijakan sumur resapan agar bisa berfungsi lebih baik,” ujar Riandi menjelaskan.

Heru memutuskan untuk melanjutkan program sumur resapan sebagai bagian dari program pengendalian banjir di Jakarta. Selain Golkar, elektabilitas partai-partai di DKI Jakarta adalah sebagai berikut, Gerindra (7,0 persen), NasDem (5,5 persen), Demokrat (4,8 persen), dan PKS (4,0 persen). Berikutnya PPP (2,5 persen), PKB (2,0 persen), dan PAN (1,3 persen).

Kemudian ada partai-partai yang tidak memiliki kursi, baik di DPRD DKI Jakarta maupun nasional, seperti Perindo (1,0 persen), serta partai-partai baru yaitu Gelora (0,8 persen) dan Ummat (0,5 persen).  Terakhir ada Hanura (0,5 persen) dan PBB (0,3 persen).

Baca Juga  Presiden Jokowi Minta PSSI Susun Peta Biru Sepakbola Nasional, Buntut Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20

Sisanya nihil dukungan, yaitu Garuda, PKN, dan Partai Buruh, sedangkan sisanya menyatakan tidak tahu/tidak jawab 15,0 persen. “Total ada 18 partai politik pada tingkat nasional yang telah diloloskan oleh KPU sebagai peserta Pemilu 2024,” kata Riandi.

Nusantara Strategic Network (NSN) melakukan survei pada 21-28 Februari 2023 dengan 400 responden mewakili seluruh wilayah di DKI Jakarta. Metode survei adalah multistage random sampling. Margin of error survei kurang lebih 4,9 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.*

Email: NyomanAdikusuma@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300