HeadlinePolitik

Survei LSJ: Elektabilitas Prabowo-Gibran Tembus 50,3%

65
×

Survei LSJ: Elektabilitas Prabowo-Gibran Tembus 50,3%

Share this article
Capres dan cawapres 2024 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Foto: IG prabowo
Capres dan cawapres 2024 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Foto: IG prabowo

G24NEWS.TV, JAKARTA – Hasil survei dari Lembaga Survei Jakarta (LSJ) menunjukkan bahwa elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka makin melesat selama penyelenggaraan Pilpres 2024.

“Elektabilitas pasangan jika pilpres dilaksanakan saat ini Prabowo-Gibran 50,3 persen, Anies-Muhaimin 23,2 persen, dan Ganjar-Mahfud 23,1 persen. Tidak tahu (undecided) ada 3,4 persen,” kata peneliti senior LSJ Fetra Ardianto dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (28/12/2023).

Berdasarkan penilaian publik setelah dua kali debat yang digelar KPU berlangsung, elektabilitas Prabowo-Gibran tembus 50,3 persen. Hal tersebut diprediksi membuat pasangan calon nomor urut 2 itu dapat menuntaskan pilpres dalam satu putaran saja.

Dalam hasil survei, baik Prabowo maupun Gibran sama-sama dinilai menjadi pemenang debat karena kinerjanya dinilai paling baik.

Baca Juga  Survei: Prabowo-Gibran Unggul di Jawa Barat dan Jawa Timur, Satu-satu Pasangan yang Unggul di Dua Provinsi 

Berdasarkan penampilan capres dalam debat pertama pada hari Selasa (12/12), sebanyak 42,5 persen menyebut Prabowo menjadi yang terbaik, disusul Anies Baswedan 26,4 persen dan Ganjar Pranowo 24,6 persen.

“Sebanyak 6,5 persen responden menjawab tidak tahu alias tidak bisa memberikan penilaian siapa yang terbaik di antara ketiga capres tersebut,” kata dia.

Debat Cawapres 2024

Sementara itu, cawapres yang dinilai tampil paling baik pada debat KPU, Jumat (22/12), sebanyak 55,5 persen menjawab Gibran, 30,4 persen responden menyebut Mahfud Md., dan 12,1 persen menjawab Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Sebanyak 2,1 persen responden tidak dapat menjawab pertanyaan dan tidak bisa memberikan nilai siapa yang paling baik.

Baca Juga  KPU: Tidak Ada Aturan Soal Ibu Negara Ikut Kampanye Pemilu

“Positifnya, kinerja Prabowo-Gibran pada debat perdananya masing-masing membuat elektabilitas pasangan yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu makin melesat meninggalkan dua kompetitornya,” kata Fetra.

LSJ menggelar survei dengan metode analisis media monitoring pada tanggal 22 hingga 27 Desember 2023 terhadap 1.200 responden berusia 17 tahun ke atas atau 17 tahun tetapi sudah menikah yang tersebar di 38 provinsi Indonesia melalui teknik wawancara telepon yang berpedoman kuesioner.

Pengambilan sampel secara acak bertingkat dengan batas kesalahan (margin of error) kurang lebih 2,83 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.(ANTARA)

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala lala

banner 325x300