Politik

Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Ridwan Kamil Sebagai Cawapres Tertinggi

195
×

Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Ridwan Kamil Sebagai Cawapres Tertinggi

Share this article
Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Ketua TKD Prabowo-Gibran Jabar. Foto: Ist
Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Ketua TKD Prabowo-Gibran Jabar. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA –  Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil memiliki elektabilitas tertinggi sebagai calon wakil presiden (cawapres) berdasarkan Survei Litbang Kompas yang dirilis hari ini, Selasa (22/8/2023).

Setelah Ridwan Kamil, diurutan kedua ditempati oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uni yang saat ini bergabung di Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Sedangkan, di posisi ketika adalah Menteri BUMN dan Ketua PSSI Erick Thohir yang telah merapat ke Partai Amanat Nasional (PAN).

Survei Litbang Kompas dilakukan secara periodik dengan metode wawancara tatap muka dan diselenggarakan pada 27 Juli hingga 7 Agustus 2023.

Baca Juga  Ridwan Kamil Tahu Diri, Tetap Dukung Airlangga Capres Partai Golkar

Jumlah responden yang diwawancarai mencapai 1.364 orang dan dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi Indonesia.

Tingkat kepercayaan survei senilai 95 persen, margin of error penelitian plus minus 2,65 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.

Elektabilitas Ridwan Kamil 8,5%

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meraih angka 8,5%. Meski terbesar, ada tren menurun karena pada Januari 2023 sebanyak 10,1% dan Mei turun menjadi 9,3%.

Baca Juga  Capres Prabowo Kampanye Perdana Hari Ini di Jawa Barat

Sandiaga Uno meraih suara 8,2%. Angka ini juga berkurang dari 12,4% pada survei Januari dan berkurang lagi menjadi 11,9% pada survei Mei 2023.

Sementara itu, Erick Thohir menunjukkan tren peningkatan elektabilitas. Dari Januari 2023 sebesar 3,1%, pada Mei naik menjadi 4,5% dan Agustus meningkat lagi ke posisi 8,0%.

Meski tren naik, Erick Thohir belum bisa melampui elektabilitas Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil dari survei pada bulan ini.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News

Editor: Lala Lala

banner 325x300