Politik

Survei IPN: Elektabilitas Prabowo-Gibran Lampaui 50%

60
×

Survei IPN: Elektabilitas Prabowo-Gibran Lampaui 50%

Share this article
Capres dan Cawapres 2024 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam Konsolidasi Tim Pemenangan Prabowo-Gibran di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (10/12/2023). Foto: IG golkar.indonesia
Capres dan Cawapres 2024 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam Konsolidasi Tim Pemenangan Prabowo-Gibran di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (10/12/2023). Foto: IG golkar.indonesia

G24NEWS.TV, JAKARTA – Peneliti Senior IPN (Indikator Publik Nasional) Ike Sihotang mengatakan elektabilitas Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka telah melebihi 50 persen.

“Saat waktu tersisa 2 bulan kurang, elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran telah berada di angka 50,2 persen,” kata Ike dalam keterangan pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Sabtu.

Ike mengatakan bahwa perkiraan itu berdasarkan survei yang telah dijalankan dalam rentang waktu 3—11 Desember 2023 dengan melibatkan 1.670 responden yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Metode dalam pengambilan sample survei tersebut adalah multistage random sampling dengan cara interviu langsung melalui bantuan kuesioner. Tingkat margin of error (MoE) 2,4 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Baca Juga  Gibran Prioritaskan Beasiswa Untuk Anak Buruh

Dalam hasil survei tersebut, pihaknya mengajukan pertanyaan siapa dari pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan ada pilih jika pemilu dilaksanakan pada hari ini.

Ike menyebutkan sebanyak 50,2 persen masyarakat memiliki pasangan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI.

Urutan Kedua Ganjar-Manfud

Sementara itu, untuk Ganjar Pranowo dan Mahfud Md berada di urutan kedua dengan perolehan suara 23,1 persen. Posisi terakhir Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dengan suara sebesar 22,7 persen.

Dengan persentase perolehan suara itu, dia memperkirakan pasangan Prabowo-Gibran akan keluar sebagai pemenang dengan pemilihan satu putaran.

Baca Juga  Resmi Jadi Cawapres KIM, Gibran: Tenang Pak Prabowo Saya Sudah Ada di Sini

“Hampir pasti dalam waktu tersisa sampai hari-H pencoblosan paslon nomor urut 2 akan memperoleh angka di atas 50,0 persen sehingga akan keluar sebagai pemenang dalam satu putaran saja,” kata dia.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. (ANTARA)

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala lala

banner 325x300