HeadlinePolitik

Survei Indikator: Prabowo-Gibran Menang 45,79%, Anies-Cak Imin 25,47%, Ganjar-Mahfud 22,96%

56
×

Survei Indikator: Prabowo-Gibran Menang 45,79%, Anies-Cak Imin 25,47%, Ganjar-Mahfud 22,96%

Share this article
Capres dan cawapres 2024 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam debat Pilpres ketiga di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2023). Foto: IG prabowo
Capres dan cawapres 2024 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam debat Pilpres ketiga di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2023). Foto: IG prabowo

G24NEWS.TV, JAKARTA Survei Indikator yang digelar tanggal 30 Desember 2023 hingga 6 Januari 2024 menunjukkan Prabowo-Gibran mendapatkan dukungan suara 45,79 persen dari responden survei. Sementara itu, Anies-Cak Imin 25,47%, Ganjar-Mahfud 22,96% dan responden yang tidak memilih sebanyak 5,78%.

Seperti dilansir dari hasil survei Indikator, Prabowo unggul di sebagian besar segmen demografi warga, terutama generasi muda, etnis Sunda dan Melayu. Kecuali pada kelompok pendidikan tinggi.

Menurut wilayah, Prabowo mayoritas di Lampung, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan. Ganjar masih unggul di wilayah Jateng-DIY, dan Anies hanya kompetitif dengan Prabowo di wilayah DKI dan Banten.

Menurut basis politik, Prabowo mayoritas pada basis partai-partai pengusungnya. Ganjar mayoritas pada basis PDIP, tapi terbelah besar ke Prabowo. Anies mayoritas pada basis PKS dan NasDem, sementara pada basis PKB Anies unggul tapi tidak mayoritas.

Baca Juga  AHY Ajak Warga Surabaya Bulatkan Tekad Pilih Prabowo-Gibran

Kinerja Presiden Jokowi

Menurut kinerja Presiden, yang puas terhadap kinerja Presiden separuhnya mendukung Prabowo, dan yang tidak puas separuhnya mendukung Anies. Basis Jokowi pada 2019 yang berasal dari PDIP mayoritas mendukung Ganjar. Sementara yang berasal dari luar PDIP separuhnya mendukung Prabowo.

Dan pada basis Prabowo 2019, sekitar 55% masih solid kepada Prabowo.

Sumber peningkatan dukungan terhadap Prabowo, terutama berasal dari kalangan Gen Z yang hingga saat ini masih konsisten meningkat. Pada kelompok Gen X dan Boomers juga trennya meningkat.

Kemudian dari basis Jokowi 2019, peningkatan terutama yang berasal dari PDIP, basis NU, wilayah Lampung, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Jawa Tengah.

Prabowo unggul terutama karena saat ini ia masih paling dikenal, paling disuka, dan sekaligus unggul dalam berbagai kegiatan sosialisasi ketimbang capres lain.

Prabowo-Gibran dipilih terutama karena tegas/berwibawa/berlatar belakang militer, melanjutkan program Jokowi dan berpengalaman.

Baca Juga  Polda Papua Barat Terapkan Sistem Pengamanan Melekat di TPS

Ganjar-Mahfud dipilih terutama karena dinilai perhatian pada rakyat, berpengalaman dan diusung oleh partai pendukung.

Sementara Anies – Muhaimin dipilih terutama karena pintar/berwawasan luas, ingin perubahan, sudah ada bukti hasil kerjanya.

Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum. Yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Dalam survei ini jumlah sampel
basis sebanyak 1200 orang yang berasal dari seluruh Provinsi yang terdistribusi secara proporsional.

Kemudian, dilakukan oversample di 13 Provinsi yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung,
DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Bali, NTT, Sulawesi Utara dan Sulawesi
Selatan. Sehingga total sample sebanyak 4.560 responden.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300