Kesehatan

Sunscreen 101: Pentingnya Perlindungan Kulit

169
×

Sunscreen 101: Pentingnya Perlindungan Kulit

Share this article
sunscreen
Ilustrasi memakai sunscreen/Photo by Kindel Media: https://www.pexels.com/photo/sun-drawing-sunscreen-on-child-s-back-photo-8276909/

G24NEWS.TV, JAKARTA – Sunscreen adalah produk yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulit kita saat terpapar sinar matahari. Artikel ini akan membahas manfaat sunscreen, cara pemilihan yang tepat, dan beberapa fakta menarik seputar produk ini.

Manfaat Sunscreen:

  1. Perlindungan dari UV

Sunscreen bekerja dengan menghalangi sinar ultraviolet (UV) dari matahari. Ada dua jenis sinar UV, yaitu UVA dan UVB, dan sunscreen dapat melindungi dari keduanya. Sinar UVB dapat menyebabkan sunburn, sementara sinar UVA dapat berkontribusi pada penuaan kulit.

  1. Pencegahan Kanker Kulit

Menggunakan sunscreen secara teratur dapat mengurangi risiko kanker kulit. Sinar UV dapat merusak DNA sel kulit, dan paparan berulang dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

  1. Pencegahan Penuaan Dini

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan penuaan kulit dini. Sunscreen membantu menjaga kulit tetap sehat dan mencegah keriput, garis halus, dan bintik-bintik penuaan.

Baca Juga  Love Your Skin Day, Kulitmu Juga Perlu Dirayakan!

Cara Memilih Sunscreen yang Tepat:

  1. SPF yang Sesuai

Pilih sunscreen dengan faktor perlindungan matahari (SPF) yang sesuai dengan jenis kulit dan tingkat paparan matahari. SPF 30 atau lebih tinggi adalah rekomendasi umum.

  1. Perlindungan UVA dan UVB

Pastikan produk sunscreen memberikan perlindungan dari sinar UVA dan UVB. Anda dapat memeriksa label untuk melihat apakah produk ini memberikan perlindungan spektrum penuh.

  1. Reaplikasi

Reaplikasikan sunscreen setiap dua jam atau setelah berenang atau berkeringat.

Fakta Menarik tentang Sunscreen:

  1. Sunscreen Bukan Lisensi untuk Berlama-lama di Bawah Matahari

Meskipun sunscreen memberikan perlindungan, itu tidak berarti Anda harus terlalu lama terpapar sinar matahari. Gunakan perlindungan tambahan seperti topi, pakaian pelindung, dan seekor payung.

  1. Perlindungan Matahari Tidak Hanya untuk Pantai

Gunakan sunscreen sehari-hari, terutama jika Anda akan berada di luar ruangan. Sinar matahari berbahaya bahkan saat Anda berjalan-jalan atau berada di dalam mobil.

  1. Semua Orang Membutuhkan Sunscreen

Tidak peduli warna kulit Anda, semua orang rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Orang dengan kulit berpigmen lebih gelap juga dapat mengalami sunburn dan risiko kanker kulit.

Baca Juga  Ini 4 Hal yang Perlu Kamu Pahami Soal Penyakit Rabies?

Sunscreen adalah alat penting dalam menjaga kesehatan kulit Anda dan melindungi diri Anda dari risiko kanker kulit dan penuaan dini. Pastikan untuk menggunakan sunscreen dengan benar dan secara teratur, terutama saat Anda beraktivitas di luar ruangan.

banner 325x300