Lifestyle

Suka Seblak? Gini Nih Cerita Unik Di Balik Pedasnya Seblak

367
×

Suka Seblak? Gini Nih Cerita Unik Di Balik Pedasnya Seblak

Share this article
seblak
Ilustrasi seblak/https://pin.it/6Xri54F

G24NEWS.TV, JAKARTA – Pada kesempatan kali ini, kita akan bahas nih makanan yang lagi hits banget di kalangan anak muda, yaitu seblak. Pastinya kalian udah pada tahu dong, seblak tuh makanan yang lagi ngehits banget dengan cita rasa pedas dan gurih yang bikin ketagihan. Nah, kali ini kita mau bahas seblak dengan gaya bahasa gaul yang keren abis. Siap-siap ya!

Awal Muncul Seblak

Seblak, si makanan khas Sunda yang lagi ngetrend ini emang berasal dari Bandung. Awalnya, seblak ini cuma makanan yang simpel banget, terdiri dari kerupuk yang direndam di air panas terus dimasak dengan bumbu-bumbu sakti seperti bawang putih, kencur, dan cabai rawit. Tapi sekarang, seblak udah ngalamin evolusi yang cukup gila. Topping atau isian seblak udah jadi semakin beragam dan menggugah selera.

Dulu, isian seblak cuma kerupuk aja yang direndam trus dimasukin ke kuah seblak. Tapi sekarang, isian seblak udah semakin kreatif dan variatif. Ada kerupuk, telur, siomay, ceker, cilok, bakso, tahu, dan bahkan ada yang nambahin bakso ikan dan sayur-sayuran segar yang biasanya ada di steamboat atau suki. Keren banget kan?

Makanan Mirip Seblak

Sebelum seblak jadi populer di Bandung, di daerah Sumpiuh, Jawa Tengah juga ada makanan yang mirip, namanya kerupuk godog atau kerupuk rebus. Tapi yang membedakan adalah penggunaan kencur dalam seblak. Kencur ini jadi salah satu ciri khas seblak yang bikin rasa seblak beda dari makanan serupa lainnya.

Baca Juga  7 Negara dengan Izin Visa Termudah supaya Jalan-Jalan Anti Ribet

Desas-desus Asal Seblak

Sejarah dan asal-usul seblak ini memang belum jelas banget. Ga ada catatan yang pasti kapan seblak pertama kali muncul atau dari mana asalnya. Ada beberapa teori yang mengatakan kalo seblak udah ada sejak jaman kemerdekaan di Parahyangan. Di Garut, ada makanan yang disebut kurupuk leor, yang artinya kerupuk yang dimasak dengan bumbu bawang putih dan cabai rawit. Konon, makanan ini jadi cikal bakal seblak yang kita kenal sekarang.

Ada juga yang bilang kalo seblak tuh berasal dari kebiasaan orang Bandung yang sering punya persediaan kerupuk yang banyak. Kadang kerupuk yang udah lama ga digoreng tuh jadi kurang enak dan keras. Nah, biar ga sayang buang, akhirnya mereka punya ide kreatif buat ngolah kerupuk lama jadi seblak. Mantap kan?

Seblak sendiri ga termasuk dalam resep kuliner tradisional khas Sunda, tapi masyarakat Sunda yang kreatif dan suka bereksperimen dengan bahan makanan berbahan tapioka jadi yang bikin seblak jadi terkenal. Kamu bisa lihat juga berbagai makanan lain yang juga terbuat dari tapioka, seperti cireng, cilok, cipuk, cimol, cibay, cipak, dan masih banyak lagi. Tapi seblak emang yang paling ngehits dan digemari banyak orang.

Asal Kata “Seblak”

Mungkin kamu penasaran apa arti seblak itu sendiri, kan? Nah, kata “seblak” ini sebenarnya berasal dari bahasa Sunda yang artinya “mengagetkan” atau “menyengat”. Makanya, seblak punya cita rasa pedas yang bikin lidah kamu berdegup kencang dan bikin terkejut. Tapi tenang aja, ga semua seblak itu pedas banget kok. Kamu bisa minta level pedas sesuai selera kamu sama penjualnya. Jadi, ga perlu khawatir deh kalo ga tahan pedas.

Baca Juga  Ini Cara Naik LRT Jabodebek, Mudah, Murah dan Nyaman

Selain rasa pedas yang khas, ada juga ciri khas lain dari seblak. Bumbu seblak wajib pake kencur alias cikur dalam bahasa Sunda. Kencur ini bikin rasa seblak jadi lebih segar dan ada sensasi hangat yang enak di lidah. Selain itu, kencur juga punya banyak manfaat, seperti meningkatkan nafsu makan, meredakan sakit tenggorokan, dan batuk. Jadi, selain enak, seblak juga bisa bikin kamu sehat!

Beda lagi dengan makanan sejenisnya, seblak punya topping yang khas. Kerupuk yang dipake dalam seblak ini biasanya berwarna oranye dan jadi ciri khasnya. Kerupuk ini punya tekstur kenyal yang unik dan bikin makanan seblak jadi semakin enak.

Nah, itulah seputar seblak yang lagi hits dan digemari banyak anak muda. Seblak memang makanan yang kreatif, enak, dan bisa diadaptasi dengan berbagai isian sesuai selera. Makanya, ga heran kalo seblak jadi favorit banyak orang. Jadi, tunggu apalagi? Langsung cobain seblak dan nikmati sensasi pedas gurihnya yang bikin kamu ketagihan.

banner 325x300