Daerah

Stok Bahan Pokok Selama Ramadan dan Jelang Lebaran di Jimbaran, Aman

231
×

Stok Bahan Pokok Selama Ramadan dan Jelang Lebaran di Jimbaran, Aman

Share this article

G24NEWS.TV, JAKARTA-  Kementerian Perdagangan menyebut, ketersediaan barang kebutuhan pokok di Pasar Desa Adat Jimbaran, Badung, Bali, terpantau stabil.

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga, menyatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus memantau ketersediaan stok dan stabilitas harga barang kebutuhan pokok, khususnya menjelang hari besar keagamaan nasional (HBKN), yaitu puasa Ramadhan 2023 dan Idulfitri 1444 H.

“Secara umum harga bapok (barang kebutuhan pokok) di Pasar Desa Adat Jimbaran, Bali, terpantau stabil walaupun ada beberapa komoditas yang naik dan ada juga yang turun. Stok bapok aman. Minyak goreng, cabe, bawang putih, bawang merah, terigu hingga telur, tersedia dan stok aman,” kata Jerry Sambuaga.

Jerry Sambuaga mengungkapkan, sejumlah komoditas yang harganya terpantau stabil per 24 Maret 2023 di Pasar Jimbaran yaitu beras premium merk Putri Ratu Rp13.000 per kg.

Baca Juga  Partai Golkar Target Enam Kursi DPRD Kota Semarang, Ini Strateginya 

Kemudian, gula pasir Rp13.500 per kg, Minyakita Rp14.000 per liter, daging ayam Rp35.000 per kg, telur ayam ras Rp28.300 per kg, tepung terigu Rp13.500 per kg, cabe merah besar Rp35.000 per kg, cabe rawit merah Rp75.000 per kg, bawang merah Rp35.000 per kg, dan bawang putih Honan Rp30.000 per kg.

Jerry menambahkan, para pedagang menyampaikan harapan kepada pemerintah untuk mengantisipasi ketersediaan dan kelancaran pasokan Minyakita.

Hal ini mengingat mulai terjadi peningkatan permintaan dari masyarakat, khususnya di Kabupaten Badung.

“Pemerintah  telah  mengeluarkan  kebijakan untuk menambah pasokan Minyakita secara nasional menjadi 450 ribu ton per bulan dari sebelumnya 300 ribu ton per bulan. Kementerian Perdagangan akan terus melakukan pemantauan atas ketersediaan dan kelancaran pasokan Minyakita di tingkat distributor  dan agen. Saya mendengar dari pedagang dalam beberapa hari terakhir terdapat peningkatan permintaan Minyakita,” tegas Jerry.

Baca Juga  Partai Golkar Sinjai Siapkan Amunisi Muda

Untuk menghadapi Ramadan 2023 dan Idulfitri 1444 Hijriyah, koordinasi antarlembaga dan pemerintah daerah akan kembali dilakukan seperti saat perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Jerry mengatakan, pemantauan harga dan ketersediaan pasokan harus diintensifkan baik oleh pemerintah pusat, lembaga, maupun pemerintah daerah.

“Kami berkomunikasi secara intensif dengan pemerintah daerah, kabupaten, kota maupun provinsi termasuk pengelola pasar dan para pedagang agar kami bisa segera mendapatkan informasi jika terjadi lonjakan harga bapok,” pungkas Jerry.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300