Politik

Soal Kaesang Jadi Ketum, Airlangga Hartarto: Tunggu PSI Gabung ke KIM

157
×

Soal Kaesang Jadi Ketum, Airlangga Hartarto: Tunggu PSI Gabung ke KIM

Share this article
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan politisi senior PAN Hatta Radjasa pada pertemuan di Padepokan Garuda Yaksa Hambalang, Bojong Koneng, Kabupaten Bogor, Minggu (17/9/2023). Foto: golkar.indonesia
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan politisi senior PAN Hatta Radjasa pada pertemuan di Padepokan Garuda Yaksa Hambalang, Bojong Koneng, Kabupaten Bogor, Minggu (17/9/2023). Foto: golkar.indonesia

G24NEWS.TV, JAKARTA – Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto merespons putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Dia mengatakan perubahan kepengurusan PSI dengan menjadikan Kaesang sebagai ketua umum diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi partai.

Dia mengatakan kemungkinan PSI bergabung ke Koalisi Indonesia Merdeka (KIM), jika melihat kehadiran pengurus PSI dalam beberapa acara Koalisi Indonesia Maju.

“Untuk PSI dampaknya positif karena belum secara resmi masuk, tapi secara teknis sudah,” ujar Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (26/9/2023).

Dia juga mengatakan PSI sebelumnya sudah menjadi saudara bagi Partai Golkar. Namun, demikian pihaknya menunggu kepastian resmi dari partai soal dukungan kepada Prabowo Subianto.

“Kan, sebelumnya, kan, kalau PSI menjadi brother and sister partainya Golkar,” terangnya.

Sebelumnya, Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo, ditetapkan sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), di  Kopdarnas PSI di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Senin (25/9/2023).

Baca Juga  Soal Dinasti Politik, Airlangga Hartarto: Partai Siapkan Kader, Masyarakat Silahkan Pilih

Kaesang menggantikan Giring Ganesa sebagai Ketua Umum. Sedangkan, Giring Ganesa saat ini menjabat sebagai Anggota Dewan Kehormatan PSI.

Pada kesempatan itu, dia juga mengucapkam terima kasih kepada relawan Jokowi yang hadir dalam acara itu yang telah berhasil menghantarkan Joko Widodo menjadi Presiden dua periode.

Dia mengatakan percaya bahwa partai politik penting dalam pemilihan presiden, tetapi belum tentu kandidat tersebut menang tanpa ada dukungan dari relawan yang bergerak dengan Ikhlas tanpa pamrih.

“Saya berharap ke depannya, PSI dan relawan Jokowi dapat berkolaborasi. Dan hingga saat ini masih dan semoga selamanya,” jelas Kaesang.

Mengenai alasan masuk ke dunia politik, dia mengatakan dirinya menyadari bahwa banyak anak muda yang pesimis dengan dunia politik.

Sikap ini, ujarnya, dapat diterima jika melihat politik yang mencitrakan hoaks, kekerasan, korupsi, money politik dan sebagainya.

“Tapi izinkan saya melihat dari kaca mata yang lain, yaitu kaca mata optimistis .Jika politik digunakan untuk kebaikan maka politik akan membawa kedamaian dan kesejahteraan,” ujarnya.

Baca Juga  Kaesang Siap Bawa Gibran Kampanye di NTT

Dia mengemukakan sumber inspirasinya berpolitik adalah ayahnya Jokowi. Kaesang mengatakan ingin mengikuti jejak ayahnya berpolitik untuk kebaikan.

“Saya ingin berjuang untuk menghapus pesimisme dan sinisme terhadap politik. Saya ingik kita anak-anak muda menyalakan lilin untuk menerangi kegelapan karena politik adalah jalan ninja kita,” terangnya.

“Bahwa politik bisa dijalankan dengan penuh integritas. Politik yang dibangun demi tujuan masa depan kita semua,” jelas Kaesang Pangarep.

Susunan Pengurus PSI

Setelah Kaesang bergabung di PSI, maka susunan pengurus PSI saat ini adalah sebagai berikut:

Ketua Dewan Pembina: Jeffrie Geovanie

Wakil Ketua Dewan Pembina: Grace Natalie

Sekretaris Dewan Pembina: Raja Juli Antoni

Ketua Umum: Kaesang Pangarep

Ketua DPP: Isyana Bagoes Oka

Sekretaris Jenderal: Dea Tunggaesti

Wakil Sekretaris Jenderal: Satia Chandra Wiguna

Wakil Sekretaris Jenderal: Danik Eka Rahmaningtiyas

Bendahara Umum: Suci Mayang Sari

Wakil Bendahara Umum: Lila Zuhara

Email: Nyomanadikusuma@G24 News

Editor: Lala Lala

banner 325x300