Headline

Simak Ini Pentingnya Program Makan Siang Gratis di Sekolah

71
×

Simak Ini Pentingnya Program Makan Siang Gratis di Sekolah

Share this article
Para santri menunjukkan susu kemasan saat gerakan makan siang dan minum susu di Pondok Pesantren Assaidiyah, Mejobo, Kudus, Jawa Tengah, Rabu (29/11/2023). Foto: Infopublik/ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/Spt.
Para santri menunjukkan susu kemasan saat gerakan makan siang dan minum susu di Pondok Pesantren Assaidiyah, Mejobo, Kudus, Jawa Tengah, Rabu (29/11/2023). Foto: Infopublik/ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/Spt.

G24NEWS.TV, JAKARTA – Program makan siang gratis di sekolah tidak saja akan membentuk keseimbangan gizi dan kesehatan anak-anak, namun juga menciptakan stabilitas sosial dan pertumbuhan ekonomi nasional, demikian analisis dari Indonesia Food Security Review. 

I Dewa Made Agung, Co-Founder IFSR mengatakan program makan siang gratis menjadi penting karena Indonesia saat ini masih menempati peringkat 63 dari 113 negara dalam Global Food Security Index 2022. 

“Ini jadi pondasi kokoh bagi masa depan Indonesia. Ini bukan hanya tentang memberi makanan anak-anak, tapi juga membangun pondasi penting bagi kesehatan, pendidikan, dan stabilitas sosial,” ujar dia dalam siaran pers.

Program makan siang gratis ini juga menjadi investasi paling berhasil yang dilakukan pemerintah menurut Badan Pangan PBB (UNWFP). Masalahnya, keluarga kurang mampu, program ini bukan sekadar menyediakan makanan, tetapi juga nutrisi penting yang mendukung kesehatan dan kecerdasan anak-anak. 

Baca Juga  Program Susu Gratis Prabowo - Gibran akan Kerjasama dengan UMKM 

Di sisi lain, juga turut berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi, memperbaiki masalah kesehatan, dan mengurangi kesenjangan gender. Ini juga bisa berkontribusi pada peningkatan kesehatan, kesetaraan gender, dan stabilitas sosial.

“Sarana seperti Program Makan Gratis di Sekolah akan memberikan kontribusi besar,” tambah Dwi Uli, Senior Researcher IFSR.

Tidak hanya memberikan dampak sosial, program ini juga berperan dalam pertumbuhan ekonomi. 

Setiap satu dolar yang diinvestasikan menghasilkan dampak ekonomi hingga sembilan dolar, melalui pengeluaran untuk bahan makanan, logistik, dan pemberdayaan komunitas. 

Ini bukan hanya menopang keluarga yang kurang mampu, tetapi juga menciptakan lapangan kerja, memperbaiki masalah kesehatan, dan mengurangi kesenjangan gender.

Baca Juga  Ace Hasan: Partai Golkar Harus Menang Pemilu 2024, Terutama di Jabar

Secara nilai keekonomian, dengan asumsi multiplier ekonomi 1.5x, program makan gratis di Sekolah ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 2,6%. 

Dapur-dapur yang yang akan terlibat dalam program ini juga akan dapat memberikan pekerjaan bagi kurang lebih 1,8 juta tenaga kerja. 

Selain itu, dampak program ini juga dirasakan oleh petani, nelayan, peternak, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang semakin berkembang.

Program Makan Gratis Nasional di Sekolah menjadi salah satu sorotan harapan, tidak hanya untuk keseimbangan gizi dan kesehatan anak-anak, namun juga bagi stabilitas sosial dan pertumbuhan ekonomi negara.

banner 325x300