HeadlineNasional

Siap-siap, 21,35 Juta Paket Bansos Beras Segera Disalurkan

273
×

Siap-siap, 21,35 Juta Paket Bansos Beras Segera Disalurkan

Share this article
tangan memperlihatkan beras bansos atau bantuan sosial
beras bansos

G24NEWS.TV, JAKARTA–Pemerintah melalui Perum Bulog akan menyalurkan bantuan sosial (bansos) beras sebanyak 630.000 ton untuk 21,35 juta jiwa masyarakat berpenghasilan rendah.

Arief Prasetyo Adi, Kepala Badan Pangan Nasional mengatakan besaran bantuan pangan tersebut terdiri dari paket 10 kg beras per penerima manfaat, yang bakal diberikan selama tiga bulan, mulai Maret sampai Mei 2023.

“Kita akan segera memberikan bantuan pangan ini hingga tiga bulan ke depan dengan target 21,353 juta keluarga penerima manfaat sesuai database dari Kementerian Sosial,” ujar Arief dalam keterangan pers.

“Perum Bulog telah mendapat penugasan dari pemerintah untuk mendistribusikan ke seluruh penerima manfaat tersebut,” lanjut dia.

Menurut Arief beras bansos yang akan disalurkan berasal dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang diterapkan Bulog. Hal ini menurut dia akan  mendorong Perum Bulog menyerap hasil produksi petani dalam negeri saat panen raya, seperti arahan Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo.

Baca Juga  Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto Pastikan Bansos Terus Berlanjut pada 2023

Sebelumnya, Bapanas menargetkan Perum Bulog selama tahun ini, diharapkan dapat menyerap sebanyak 2,4 juta ton. Saat ini menurut Arief, Bulog sedang menyiapkan kemasan bansos.

info grafis bansos beras
info grafis bansos beras

Perum Bulog diberikan tugas untuk mendistribusikan bantuan sosial pangan hingga ke titik distribusi terakhir. Perum Bulog bekerja sama dengan pihak lain dalam penyalurannya untuk mempermudah pendistribusian bansos.

Selain beras sebagai bantuan sosial pangan, ada juga bantuan sembako yang akan didistribusikan, pemerintah juga akan memberikan bantuan berupa daging ayam dan telur. Kendati demikian, bantuan tersebut diberikan kepada kelompok masyarakat penerima yang lebih spesifik yaitu 1,46 juta kelompok masyarakat dengan risiko stunting sesuai data dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Baca Juga  Fadel Tegaskan Pemimpin Harus Punya Pola Pikir Entrepreneur

Nantinya, penyaluran bantuan ini akan ditugaskan kepada BUMN Pangan ID Food. Dia memastikan, bansos pangan ini diharapkan dapat disalurkan sebelum perayaan Lebaran.

“Sebelum Lebaran kita usahakan dan siapkan bantuan yang sama untuk komoditas ayam dan telur. Hasil produksi peternak ayam broiler dan petelur kita bantu penyerapannya, dan kita berikan ke keluarga risiko stunting.

“Jadi di hulu kita serap, di hilir kita berikan ke masyarakat yang lebih detail lagi yaitu keluarga risiko stunting berdasarkan data dari BKKBN” ujar dia.

banner 325x300