Nasional

Setelah Resmikan 110 Titik Air Bersih, Pabowo Lanjut Cari Solusi Sumber Air Pertanian

162
×

Setelah Resmikan 110 Titik Air Bersih, Pabowo Lanjut Cari Solusi Sumber Air Pertanian

Share this article
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto berdialog dengan warga, seusai meresmikan 9 titik air bersih di Desa Karanganyar, Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (30/12/2023). Foto: Kemhan
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto berdialog dengan warga, seusai meresmikan 9 titik air bersih di Desa Karanganyar, Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (30/12/2023). Foto: Kemhan

G24NEWS.TV, JAKARTA – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mengatakan akan membantu mencari sumber air untuk lahan pertanian di Sukabumi Jawa Barat, sehingga produktivitas tanaman petani meningkat dan terhindari dari kekeringan jika musim kemarau datang.

Hal ini disampaikan Prabowo saat berdialog dengan warga dalam acara peresmian sembilan titik sumber air bersih yang digelar di Desa Karanganyar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (30/12/2023) siang.

Dia mengatakan pencarian sumber air pertanian merupakan tindak lanjut dari  110 titik air bersih yang telah diresmikan di seluruh Indonesia sejak tahun lalu.

Calon presiden nomor urut 2 ini mengatakan pihaknya akan meningkatkan bantuan sumber titik air bersih yang nantinya dapat diperuntukkan untuk pertanian warga di dusun-dusun yang berada di Sukabumi.

Untuk rencana ini, dia mengatakan telah memerintahkan jajaranya di Kementerian Pertahanan dan  Tim Satgas Air Universitas Pertahanan untuk mengkaji lebih lanjut  bagaimana aliran sumber air bersih itu nantinya tak hanya dimanfaatkan untuk sekedar kebutuhan mandi ataupun makan saja, tetapi untuk pertanian juga.

Baca Juga  TKN Prabowo-Gibran: Strategi Kampanye Fokus Kepada Basis Suara Parpol Koalisi

“Saya juga sudah memberi petunjuk kepada Tim Satgas Air dari Unhan agar mengkaji terus bagaimana kita bisa meningkatkan bantuan air tidak hanya untuk kepentingan di rumah-rumah dan kepentingan untuk mandi dan masak dan air minum,” kata Prabowo

“Tetapi, juga kami bisa membantu pertanian perairan. Di dusun-dusun ini sedang dipelajari caranya bagaimana nanti kita akan memberi penyuluhan dan pendampingan,” lanjutnya.

Tambah Produksi Pertanian

Prabowo berharap dengan meluasnya sumber air itu ke ladang pertanian akan bisa menambah produksi benih-benih pangan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

Baca Juga  Jelang Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 51 Buka, Ini Kelebihan Memilih Pelatihan Offline

Sebelumya, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melanjutkan upaya pencarian titik sumber air bersih di seluruh Indonesia. Sabtu (30/12/2023) calon presiden nomor urut 2 ini meresmikan 9 titik air bersih sekaligus di Desa Karanganyar, Kecamatan Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

“Penting kita bekerja sama, sinergi untuk kepentingan rakyat kita. Bagaimana mengatasi kesulitan rakyat dalam waktu yang cepat,” ujar Menhan dalam sambutannya pada acara itu, seperti dilansir dari keterangan Kementerian Pertahanan.

Lebih jauh, Prabowo Subianto mengatakan Jawa Barat salah satu daerah di dunia yang paling banyak airnya. Untuk itu, Menhan mengingatkan bahwa air adalah unsur yang sangat strategis, maka setiap unsur perlu merawat dan menghemat air.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News

Editor: Lala Lala

banner 325x300