Kesehatan

Self Injury Awareness Day, 1 Maret, Ini Gejala dan Bagaimana Menolongnya

449
×

Self Injury Awareness Day, 1 Maret, Ini Gejala dan Bagaimana Menolongnya

Share this article
self injury
self injury

G24NEWS.TV, JAKARTA Self Injury Awareness Day adalah acara tahunan yang berlangsung pada 1 Maret tiap tahun.  Hari ini didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran tentang melukai diri sendiri dan mempromosikan pemahaman dan dukungan bagi mereka yang berjuang melawannya.

Melukai diri sendiri, juga dikenal sebagai self harm, adalah tindakan melukai diri sendiri dengan sengaja sebagai cara untuk mengatasi rasa sakit atau tekanan emosional. Self injury dapat terjadi dalam berbagai bentuk, termasuk memotong, membakar, memukul, mencakar, atau menggigit diri sendiri.

Ini sering kali merupakan cara untuk mengungkapkan rasa sakit atau kesusahan emosional yang sulit diungkapkan dengan kata-kata. Banyak orang yang terlibat dalam cedera diri melaporkan perasaan lega atau lepas setelah melukai diri sendiri, tetapi perasaan ini biasanya bersifat sementara dan dapat diikuti dengan rasa malu, bersalah, atau malu.

Cedera diri sering dikaitkan dengan masalah kesehatan mental seperti depresi, kecemasan, atau trauma. Ini juga bisa menjadi gejala dari kondisi lain, seperti gangguan kepribadian ambang. Meskipun melukai diri sendiri biasanya tidak bersifat bunuh diri, itu bisa menjadi tanda peringatan akan rasa sakit atau tekanan emosional yang lebih dalam.

Melukai diri bisa jadi sulit untuk dibicarakan, dan banyak orang yang bergumul dengannya merasa malu atau terstigmatisasi. Hari kesadaran melukai diri bertujuan untuk mendobrak hambatan ini dengan mempromosikan pemahaman dan empati bagi mereka yang melukai diri sendiri. Itu juga mendorong individu untuk mencari bantuan dan dukungan jika mereka berjuang dengan melukai diri sendiri.

Baca Juga  Kasus Demam Berdarah di Jaksel Meningkat 100% Selama Februari
gejala self injury
gejala self injury (tupeloschools.com)

Ada banyak cara untuk mendukung hari kesadaran melukai diri sendiri, termasuk berbagi informasi tentang melukai diri sendiri di media sosial, berpartisipasi dalam acara atau diskusi online, dan berdonasi ke organisasi yang memberikan dukungan dan sumber daya bagi mereka yang melukai diri sendiri. Penting juga untuk diingat bahwa melukai diri sendiri adalah masalah kompleks yang membutuhkan kasih sayang, pengertian, dan dukungan profesional.

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal sedang bergumul dengan cedera diri, penting untuk mencari bantuan dari ahli kesehatan mental atau kelompok pendukung. Hari kesadaran melukai diri sendiri adalah kesempatan untuk memulai percakapan tentang melukai diri sendiri dan mempromosikan pemahaman dan dukungan bagi mereka yang paling membutuhkannya.

Kesehatan mental merupakan hal yang sangat penting karena memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas hidup seseorang. Kesehatan mental yang baik membantu seseorang untuk mengatasi stres, mengambil keputusan yang tepat, berkomunikasi dengan orang lain dengan baik, dan mengatasi berbagai masalah dalam hidup.

Sementara itu, masalah kesehatan mental yang tidak diatasi dapat menyebabkan berbagai konsekuensi negatif, seperti gangguan psikologis yang lebih serius, kecanduan, isolasi sosial, masalah hubungan interpersonal, dan bahkan bunuh diri. Oleh karena itu, penting bagi setiap orang untuk merawat kesehatan mental mereka dan mengetahui tanda-tanda masalah kesehatan mental yang mungkin terjadi.

Self Injury Awareness Day
Self Injury Awareness Day

Beberapa cara untuk merawat kesehatan mental termasuk menjaga pola tidur yang baik, berolahraga secara teratur, menjaga pola makan yang sehat, memperkuat hubungan sosial, dan mengeksplorasi cara untuk mengelola stres dan emosi. Jika seseorang mengalami masalah kesehatan mental yang lebih serius, seperti depresi, kecemasan, atau gangguan makan, sangat penting untuk mencari bantuan profesional secepat mungkin.

Baca Juga  7 Rekomendasi Menu Hemat untuk Anak Kos

Selain itu, penting juga bagi masyarakat untuk menghilangkan stigma yang terkait dengan masalah kesehatan mental. Stigma dapat membuat orang enggan mencari bantuan, dan dapat memperburuk masalah kesehatan mental yang ada. Masyarakat dapat membantu dengan mendukung dan membuka ruang diskusi tentang masalah kesehatan mental, serta mempromosikan kesadaran tentang pentingnya perawatan kesehatan mental.

Dengan demikian, kesehatan mental adalah sesuatu yang sangat penting dan perlu diperhatikan dengan serius. Dengan memperhatikan kesehatan mental kita dan mendukung orang-orang yang membutuhkan, kita dapat menciptakan masyarakat yang lebih sehat dan bahagia secara keseluruhan. Memelihara kesehatan mental tidak hanya meningkatkan fungsi kita sehari-hari, tetapi juga dapat membantu kita mengendalikan — atau setidaknya memerangi — beberapa masalah kesehatan fisik yang terkait langsung dengan kondisi kesehatan mental. Misalnya, penyakit jantung dan stres saling terkait, jadi mengelola stres mungkin memiliki hasil positif pada penyakit jantung.

Manfaat lain dari menjaga kesehatan mental kita dapat meliputi:

  • Memperbaiki suasana hati kita
  • Mengurangi kecemasan kita
  • Menciptakan rasa kedamaian batin yang ditingkatkan
  • Berpikir lebih jernih
  • Memperbaiki hubungan kita
  • Meningkatkan harga diri kita

 

banner 325x300