Politik

Selain Lanjutkan IKN, Prabowo-Gibran Akan Bangun 10 Kota Inovasi

60
×

Selain Lanjutkan IKN, Prabowo-Gibran Akan Bangun 10 Kota Inovasi

Share this article
Capres dan Cawapres 2024 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam Konsolidasi Tim Pemenangan Prabowo-Gibran di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (10/12/2023). Foto: IG golkar.indonesia
Capres dan Cawapres 2024 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam Konsolidasi Tim Pemenangan Prabowo-Gibran di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (10/12/2023). Foto: IG golkar.indonesia

G24NEWS.TV, JAKARTA – Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko, mengatakan bahwa pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan membangun 10 kota inovasi mandiri sebagai pusat hilirisasi digital.

“IKN (Ibu Kota Nusantara) bersama sembilan kota lainnya, kota-kota yang ada kerjasama dengan swasta, kiam akan dorong menjadi kota-kota inovasi mandiri,” kata Budiman saat jumpa pers usai menghadiri Konsolidasi Nasional Relawan Prabowo-Gibran Digital Team di Jakarta, Rabu.

IKN bagi Prabowo-Gibran, kata dia, bukan sekadar integrator yang menujukan Indonesia bukan hanya Pulau Jawa tetapi juga sebagai agregator di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“IKN itu wajah masa depan Indonesia,” ujar Budiman.

Dengan demikian, kata dia, IKN harus didampingi sembilan kota lainnya untuk merealisasikan konsep hilirisasi digital tersebut.

Baca Juga  Survei Indikator Politik: Prabowo - Gibran Unggul, Potensial Tarik Pendukung Ganjar 

​​​​​Budiman menjelaskan bahwa hilirisasi digital mencakup teknologi yang digunakan sehari-hari, termasuk aplikasi dan perangkat seperti gawai dan laptop, yang diharapkan dapat diproduksi di Indonesia.

Ia menyebutkan bahwa selain IKN salah satu kota inovasi mandiri yang akan dibangun adalah Papua.

“Di Papua, nanti bisa untuk industri satelit karena di sana adalah sebuah tempat terutama di daerah Biak, itu adalah tempat peluncuran satelit yang bagus,” kata dia.

Letak IKN Strategis

Menurut Budiman, banyak negara sahabat yang telah mengincar untuk berinvestasi wilayah tersebut karena letak geografinya yang strategis.

“Banyak negara mengincar wilayah itu (Biak), karena itu syaratnya dekat untuk bisa meng-cover seluruh dunia,” ujarnya.

Selain IKN dan Papua, lanjut dia, juga ada delapan kota lainnya di Pulau Jawa dan Sumatera yang dipilih oleh Prabowo-Gibran untuk dijadikan sebagai kota inovasi mandiri.

Baca Juga  Kewenangan Bawaslu Sebagai Pintu Masuk Pelanggaran Pemilu

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu eksekutif 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian penetapan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. (ANTARA)

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300