Lifestyle

Sejarah Kota Depok: Dari Desa ke Kota yang Berkembang

236
×

Sejarah Kota Depok: Dari Desa ke Kota yang Berkembang

Share this article
margo
Ilustrasi mall di Depok/Photo by Ruben Sukatendel: https://www.pexels.com/photo/light-city-hotel-building-16229096/

G24NEWS.TV, JAKARTA – Kota Depok, yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia, adalah salah satu kota yang berkembang pesat dengan sejarah yang kaya dan beragam. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sejarah perjalanan Kota Depok dari awalnya sebuah desa hingga menjadi salah satu kota yang penting di Jawa Barat.

Asal Usul Nama “Depok”

Nama “Depok” berasal dari bahasa Sunda Kuno “de” yang berarti “kampung” dan “pok” yang berarti “tempat”. Jadi, “Depok” dapat diartikan sebagai “kampung tempat.” Nama ini menggambarkan awal perkembangan kota ini sebagai sebuah desa.

Pendirian Desa Depok

Desa Depok didirikan pada tahun 1696 oleh seorang pejuang Pangeran Diponegoro, yaitu Ki Gedeng Tapa. Pangeran Diponegoro adalah salah satu tokoh pemberontakan terkenal melawan pemerintah Hindia Belanda pada abad ke-19. Ki Gedeng Tapa mendirikan desa ini sebagai tempat peristirahatan dan meditasi.

Baca Juga  7 Pesona Romantis Bora-Bora: Surga Tropis untuk Para Kekasih

Masa Kolonial Belanda

Selama masa pemerintahan Hindia Belanda, Depok berada di bawah kendali pemerintah kolonial. Pada tahun 1907, Depok menjadi lokasi pembangunan Stasiun Kereta Api Depok, yang menjadi salah satu stasiun penting di Jawa Barat.

Perkembangan Selama Kemerdekaan Indonesia

Setelah kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, Depok menjadi bagian dari negara Indonesia. Pada tahun 1952, Depok menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat. Selama beberapa dekade berikutnya, Depok mengalami pertumbuhan penduduk yang signifikan, sebagian besar disebabkan oleh urbanisasi dan pembangunan infrastruktur.

Baca Juga  Tradisi Gebyar Ketupat Bisa Jadi Destinasi Wisata Andalan Gorontalo

Pembentukan Kota Depok

Pada tahun 1982, Depok resmi menjadi sebuah kota otonom dan terpisah dari Kabupaten Bogor. Keputusan ini memungkinkan Kota Depok untuk mengembangkan dirinya sendiri dalam hal pemerintahan, pembangunan, dan pengembangan ekonomi.

Pembangunan dan Pertumbuhan Kota

Kota Depok terus mengalami pertumbuhan yang pesat. Ini telah menjadi tuan rumah berbagai universitas, institusi pendidikan, pusat perbelanjaan, dan fasilitas kesehatan yang penting. Pertumbuhan ini membuat Depok menjadi salah satu kota terbesar dan terpadat di Jawa Barat.

banner 325x300