HeadlineNasional

Ridwan Kamil: Tunggu Februari, Banyak Selebgram Gabung Partai Golkar

275
×

Ridwan Kamil: Tunggu Februari, Banyak Selebgram Gabung Partai Golkar

Share this article
Ridwan Kamil dan Airlangga Hartarto
Ridwan Kamil mengungkapkan akan ada banyak selebgram dan penyanyi gabung Partai Golkar. (Foto G24NEWS)

G24NEWS.TV, JAKARTA – Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Pemilih Ridwan Kamil berjanji dalam waktu dekat akan banyak influencer seperti selebgram hingga penyanyi yang bergabung dengan Partai Golkar

“Pertengahan Februari banyak influencer yang gabung Golkar. Jadi nanti saya umumkan. Ada penyanyi, selebgram, macam-macam, semua ingin gabung,” kata Ridwan Kamil dikutip dari CNNIndonesia. 

Ridwan Kamil mengungkapkan dirinya bertugas  mengajak pemilih-pemilih baru termasuk Generasi Z berpartisipasi dalam politik. Karena itu pilihan pada platform digital menjadi penting karena efektif menjangkau anak-muda.  “Ibaratnya, jika ada dana untuk baliho atau investasi TikTok, saya investasi di TikTok,” ujar dia. 

Emil, panggilan Ridwan Kamil tidak tidak membeberkan nama-nama influencer yang bakal gabung Golkar di Februari mendatang. Dia hanya menyebut bahwa pemilih pada Pemilu 2024 mendatang bakal dipenuhi dengan anak-anak muda yang baru terdaftar sebagai pemilih. 

“Mayoritas pemilih Gen Z. Mereka meleknya digital. Mereka meneliti calon pasti digital. Jejak digital penting. Track record itu yang diviralkan,” ujar dia. 

 

Pemilu 2024 mendatang memang diprediksi bakal dipenuhi oleh pemilih dari kalangan muda.  Menurut berbagai survei jumlah anak muda berusia 17-39 tahun diperkirakan akan 60 persen atau sekitar 190 juta warga. Dalan survei CSIS mayoritas anak muda itu menganggap kesejahteraan masyarakat dan pekerjaan menjadi isu strategis yang harus diperjuangkan partai politik. 

Selain itu anak-anak muda pada Pemilu 2024 mendatang juga menginginkan partai politik yang berkomitmen pada masalah pemberantasan korupsi. Hal lain yang menjadi perhatian para pemilih muda adalah demokrasi dan kebebasan sipil. 

Tugas Khusus Ridwan Kamil di Partai Golkar 

Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat ini bergabung ke Partai Golkar pada Rabu 19 Januari 2023 lalu dan langsung didapuk menjadi Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Pemilih dan co-chair Badan Pemenangan Pemilu. 

Ridwan Kamil sebelumnya mengungkapkan akan menyiapkan strategi digital untuk memenangkan partai. Dia akan memaksimalkan penggunaan media digital untuk menarik perhatian masyarakat, salah satu yang akan digeber adalah dengan modal media sosial.

Dengan pengikut puluhan juta, dia yakin akan banyak yang tertarik mengikuti jejaknya masuk ke Partai Golkar. “Followers saya 30 juta. Itu saja sudah jadi modal,” kata Emil.

Media sosial dengan jutaan followers itu akan digunakan untuk mengunggah materi-materi tentang Partai Golkar. Dia akan menarasikan materi itu dengan cara-cara yang cerdas dan persuasif.

“Saya posting sehari sekali atau dua hari sekali tentang Golkar, ada lah yang nyangkut-nyangkut, kan. Karena saya pasti menarasikannya dengan cara-cara yang lebih cerdas dan lebih persuasif, ya,” ujar dia.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto juga sudah memberikan tugas pada Ridwan Kamil untuk menambah perolehan kursi lembaga legislatif dari Dapil Jawa Barat pada Pemilu 2024 mendatang lebih tinggi daripada target yang sudah dicanangkan. 

Untuk daerah pemilihan Jawa Barat, Partai Golkar menargetkan penambahan perolehan kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari 14 kursi menjadi 23 kursi. Sementara untuk DPRD provinsi dari 16 kursi menjadi 24 kursi dan DPRD kabupaten/kota dari 194 kursi menjadi 293 kursi.

“Itu target Jawa Barat belum dihitung saat Kang Emil (Ridwan Kamil) bergabung. Dengan bergabungnya Kang Emil, tentu ada tambahan,” ujar Airlangga saat membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Pemenangan Pemilu 2024 untuk Wilayah Jawa I terdiri dari Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten, Rabu (25/1).

banner 325x300
Baca Juga  DPR Segera Bahas Perppu Cipta Kerja, Nilai Ihwal Kegentingan Memaksa