Nasional

Ridwan Bae Apresiasi Kesiapan PT KAI Hadapi Mudik Lebaran 2023

280
×

Ridwan Bae Apresiasi Kesiapan PT KAI Hadapi Mudik Lebaran 2023

Share this article
Ridwan Bae dalam Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI ke St. Pasar Senen
Ridwan Bae dalam Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI ke St. Pasar Senen (Foto by: dpr.go.id)

G24NEWS.TV, JAKARTA — Ridwan Bae mengapresiasi kesiapan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) dalam menghadapi situasi mudik Lebaran 2023. Menurutnya, keselamatan pemudik adalah hal yang utama.

“Setelah masa pandemi ini kita lihat kesiapan mereka begitu siap, dalam artian bahwa dengan pengalaman-pengalaman sebelumnya, mereka telah menyiapkan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada (tahun sebelumnya).” ungkap Ridwan Bae dalam kunjungan kerja Komisi V DPR RI ke Stasiun Pasar Senen beberapa waktu lalu.

Politisi Golkar itu menekankan bahwa Komisi V DPR RI berharap seluruh stakeholder dapat menjaga dan mengawal keselamatan para pemudik dengan baik.

“Yang utama itu keselamatan para pemudik, yang kedua adalah keamanannya, dan yang ketiga itu adalah persoalan kenyamanan mereka,” kata Ridwan.

Ridwan berharap tidak ada lagi kecelakaan pemudik seperti tahun-tahun sebelumnya. Tak hanya itu, ia juga berharap tidak terjadi pelecehan dan pencurian di dalam kereta.

Baca Juga  Ini Transportasi Mudik Lebaran 2023 Pilihan Masyarakat, Kamu PIlih yang Mana?

“Dari segi kenyamanan misalnya bagaimana masyarakat bisa tidur di gerbong dengan baik, dengan tenang. kemudian infrastruktur jalan yang ada juga cukup baik, sehingga ketika kendaraan lewat, kereta lewat tidak ada kendala apapun,” lanjut Ridwan.

Ridwan Bae juga mengapresiasi kinerja pemerintah melalui Kementerian PUPR yang merampungkan jalan nasional sepanjang 4.812 km. Kinerja tersebut, lanjutnya, dapat menjadi indikator yang perlu diapresiasi dari persiapan pemerintah dalam menyambut mudik Lebaran 2023.

“Tapi kami di Komisi V tetap berharap pemerintah tidak lengah walaupun kesiapan jalan sudah sangat bagus.  Pelayanan sudah sangat bagus, tetapi harus tetap dijaga dan dicari formulasinya sehingga kenyamanan dan keamanan itu semakin bisa dirasakan oleh masyarakat.” tutupnya.

Baca Juga  Disinformasi, dan Ujaran Kebencian Ancaman Nonmiliter di Pemilu 2024

PT KAI Siapkan 6 Juta Kursi Mudik Lebaran 2023

Pada mudik Lebaran 2023 ini, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) menyiapkan 6.936.532 tempat duduk yang terdiri dari:

  1. Kelas eksekutif, sebanyak 987.380 tempat duduk atau sebesar 14%
  2. Kelas bisnis, sebanyak 137.600 tempat duduk atau sebesar 2%
  3. Kelas ekonomi, sebanyak 5.811.511 tempat duduk atau sebesar 84%
Stasiun Pasar Senen
Stasiun Pasar Senen

PT KAI juga menyiapkan berbagai fasilitas yang dapat digunakan pemudik diantaranya water station sebagai bentuk kampanye ramah lingkungan. Fasilitas tersebut tersedia di Stasiun Gambir, Pasar Senen dan Surabaya Gubeng.

Fasilitas lainnya yaitu Pojok Baca dengan total 1.905 buku anak yang tersedia di Stasiun Pasar Senen, Cirebon, Solo Balapan, Semarang Tawang dan Surabaya Gubeng.

 

banner 325x300