Nasional

Resmi, Kartu Prakerja Gelombang 49 Dibuka, Ini Cara Daftarnya

258
×

Resmi, Kartu Prakerja Gelombang 49 Dibuka, Ini Cara Daftarnya

Share this article
Kartu Prakerja Gelombang 49 Dibuka
Kartu Prakerja Gelombang 49 Dibuka

G24NEWS.TV, JAKARTA – Manajemen Pelaksana (PMO)  Kartu Prakerja menyatakan resmi buka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang ke-49 mulai Senin (6/3) siang.

“Seleksi gelombang 49 sudah dibuka! Yuk segera klik ‘Gabung Gelombang’ saat ini juga di dashboard Kartu Prakerja kamu!” tulis PMO di akun Instagram resmi @prakerja.go.id.

Berikut narasi lengkap pembukaan kartu prakerja gelombang 49: 

Seleksi GELOMBANG 49 sudah dibuka! Yuk buru-buru klik ‘Gabung Gelombang’ sekarang juga di dashboard Kartu Prakerja kamu!

Belum bisa gabung karena belum daftar? Daftar sekarang via www.prakerja.go.id secara mandiri supaya #JadiBisa. Gampang dan enggak perlu bantuan siapapun untuk daftarnya Sob!

 Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan Program Kartu Prakerja tahun ini akan dilakukan secara online, offline, ataupun gabungan. Pelatihan offline akan dilakukan di 10 provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Bali, Nusa Tenggara Timur, dan Papua.

Baca Juga  Ini Perkiraan Pembukaan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 50, Kapan Sih?

Menteri Airlangga Hartarto juga mengungkapkan Kartu Prakerja akan segera dilakukan dengan skema normal pada tahun ini, bukan semi bansos seperti sebelumnya. Oleh karena itu, para penerima bantuan seperti bantuan subsidi upah (BSU) bantuan produktif usaha mikro (BPUM), dan program keluarga harapan (PKH) bisa menjadi peserta Kartu Prakerja 2023

“Karena bukan lagi bersifat semi bansos, karena penerima bantuan seperti subsidi upah, BPUM, PKH, boleh menjadi peserta Kartu Prakerja. ini untuk re-training dan re-skilling, bukan bansos lagi” ucap Airlangga beberapa hari lalu.

Cara pendaftaran kartu prakerja gelombang 49 sebagai berikut: 

insentif yang diperoleh dengan menjadi peserta program kartu prakerja
insentif yang diperoleh dengan menjadi peserta program kartu prakerja

Calon peserta wajib membuat akun terlebih dahulu di situs resmi www.prakerja.go.id. Kemudian, isi alamat email yang aktif, data Kartu Tanda Penduduk (KTP), data Kartu Keluarga (KK), dan nomor hp yang aktif.

Baca Juga  Legislator Golkar Christina Aryani Kecam Penyiksaan PRT Asal Banyuwangi di Malaysia

Bila pendaftaran berhasil diterima dan akun sudah terverifikasi, berikutnya calon peserta harus mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.

Lalu, klik Gabung Gelombang dan klik pernyataan persetujuan yang tertera. Kemudian, verifikasi diri dengan foto e-KTP.

Pastikan foto harus terlihat jelas agar proses verifikasi diterima. Syarat terakhir, verifikasi nomor handphone anda dan masukan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.

Jangan terlewat, untuk memenuhi sejumlah syarat agar lolos pendaftaran Kartu Prakerja. Yaitu, calon wajib peserta merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dengan minimal usia di atas 18 tahun.

Berikutnya, peserta pendaftar tidak sedang menempuh pendidikan formal, bukan pejabat negara hingga perangkat desa, dan bukan penerima bantuan sosial lainnya dari pemerintah.

banner 325x300