Politik

Relawan Blitar Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran

63
×

Relawan Blitar Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran

Share this article
Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto. Foto: Ist
Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA –  Calon Presiden RI Prabowo Subianto mendapatkan dukungan dari relawan Blitar saat menghadiri deklarasi hari ini.

Prabowo dan rombongan melanjutkan perjalanan menghadiri deklarasi sukarelawan Blitar yang mendukung Prabowo Subianto dalam Pemilu 2024 yang berlangsung di GOR Soekarno Hatta, Kota Blitar.

Deklarasi itu dilakukan setelah Prabowo ziarah ke makam presiden pertama RI Soekarno di Kelurahan Bendogerit, Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur.

Prabowo mengatakan bahwa kedatangannya selain untuk ziarah sekaligus penghormatan kepada presiden pertama RI tersebut karena ikut mengantarkan Indonesia merdeka.

“Beliau pahlawan, beliau adalah proklamator, salah satu tokoh besar yang mengangkat bangsa kita merdeka. Mempersatukan Nusantara. Patut kita hormati,” kata Prabowo saat di Blitar, Minggu.

Prabowo saat di Blitar didampingi sejumlah petinggi partai seperti Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua DPD Partai Demokrat Jatim sekaligus Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak, putra mendiang Rachmawati Soekarnoputri, Mohammad Mahardhika Suprapto, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Baca Juga  Jusuf Kalla: Golkar Bidik Posisi Cawapres Prabowo Atau Ganjar

Prabowo dan rombongan hadir dengan menggunakan jalur darat ke Blitar. Saat tiba di area makam Bung Karno, dia juga langsung disambut warga serta simpatisan.

Prabowo lantas masuk ke lokasi makam dan berdoa. Setelah itu, dia membungkuk dan menaburkan bunga di makam Bung Karno sekaligus kedua orang tuanya.

Selesai berdoa, Prabowo keluar makam. Ia juga tetap disambut warga serta simpatisan. Teriakan “Prabowo Presiden” menggema. Selain itu, warga juga berebut ingin salaman serta berfoto.

Sebelum kedatangan Prabowo dan rombongan, area makam Bung Karno disterilisasi. Masyarakat tidak diizinkan masuk terlebih dahulu untuk beberapa waktu.

Namun, setelah rombongan Prabowo meninggalkan lokasi makam, warga kembali diizinkan untuk ziarah. Lokasi sudah dibebaskan dari sterilisasi.

Baca Juga  Relawan Prabowo-Gibran Diajak Hindari Kampanye Negatif

Sukarelawan dan simpatisan juga bergeser ke lokasi GOR Seokarno Hatta, Kota Blitar tersebut untuk menyaksikan acara deklarasi dukungan.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News

Editor: Lala Lala

banner 325x300