Politik

Rakernas Kedua, Partai Golkar Sepakat Dukung Proporsional Terbuka

305
×

Rakernas Kedua, Partai Golkar Sepakat Dukung Proporsional Terbuka

Share this article
Rakernas Golkar
Rapat Kerja Nasional di DPP Partai Golkar, Jakarta Barat

G24NEWS.TV, JAKARTA – Partai Golkar telah menyelesaikan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) tahun 2023 yang diselenggarakan di kantor DPP Partai Golkar Slipi, Jakarta Barat, Minggu, (4/6). Rakernas ini dihadiri oleh 38 DPD se provinsi, serta organisasi golkar yakni Kelompok Perempuan Partai Golkar (KPPG) dan Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG).

Acara Rakernas ini sudah dibuka sejak pukul 10.00 pagi hingga sore pukul 17.00 WIB. Dalam rapat ini seluruh daerah sepakat terhadap keputusan yang diambil dalam Rakernas, yakni : 

1. Mandat Pilpres Tergantung Ketua Umum

Dalam hasil rakernas mandat untuk menetapkan capres / cawapres diberikan penuh kepada Ketua Umum Partai Golkar yakni Airlangga Hartarto. Hal ini juga termasuk koalisi partai golkar dalam KIB.

Baca Juga  Ace Hasan Ingatkan Jaga Solidaritas

2. Sistem Pemilu Ikut Proporsional Terbuka

Ketua Umum Partai Golkar dalam hal ini menegaskan kepada DPP agar sistem ini bisa terus berjalan.

“Sistem pemilu seluruh daerah dan ormas meminta agar pemilu dalam proporsional terbuka. Oleh karena itu ditegaskan kepada DPP untuk terus berjuang, agar sistem proporsional terbuka bisa diperjuangkan.” Jelas Airlangga dalam konferensi persnya, Minggu sore (4/6).

3. Bakal Caleg Dibuat Berdasarkan Nomor Urut

Airlangga menjelaskan bahwa bakal calon legislatif masih menurut alfabetis, yakni nomor urut.

Baca Juga  Capres Prabowo Pilihan Terkuat Kalangan NU di Jatim

“Terkait dengan pemilu, sampai sekarang partai golkar masih menurut alfabetis, yakni pada waktunya bisa dibuatkan berdasarkan nomor urut, yakni berdasarkan PDLT, yaitu prestasi, dedikasi, loyalitas dan tidak tercela.” Jelasnya

Lebih lanjut, Airlangga juga menjelaskan agar sayap pemuda dan wanita diberikan kuota 30 %, serta kemudahan bagi caleg wanita dalam kampanye.

4. Semua Kader Komitmen Menangkan Pemilu

Dalam konferensi pers tersebut, Ketua Umum Partai Golkar berkesempatan untuk mengajak dan menghimbau agar seluruh ormas, kader – kader partai golkar agar berkomitmen untuk memenangkan pemilu 2024. 

 

Penulis: Dharma Sastronegoro

Editor: Lala Lala

banner 325x300