HeadlineNasional

Proyek Ibu Kota Nusantara Sudah Mulai Bangun Infrastruktur

248
×

Proyek Ibu Kota Nusantara Sudah Mulai Bangun Infrastruktur

Share this article
presiden IKN
presiden-IKN

G24NEWS.TV, JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengatakan saat ini pembangunan infrastruktur di kawasan inti Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah mulai dilakukan. 

“Untuk IKN ini kita sudah memulai (pembangunan) untuk infrastrukturnya, dam untuk suplai air baku ke IKN sudah, selesai Januari. Infrastruktur untuk yang kawasan inti sudah dimulai,” ujar Presiden Jokowi, pada media di Rumah Adat Radakng, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, pada Selasa (29/11). 

BACA JUGAMinyak Bumi Hampir Habis, Ini Dia Perubahan Energi di IKN

Presiden Jokowi mengucapkan terimakasih pada masyarakat atas Kalimantan atas dukungan kemajuan proyek pembangunan IKN. Presiden juga menegaskan akan membangun Dayak Center di sekitar wilayah IKN, sesuai dengan permintaan masyarakat suku Dayak.

“Nanti juga atas permintaan dari suku Dayak, ada Dayak Center juga akan segera ditentukan lokasinya,” jelas Presiden Jokowi.

Baca Juga  IKN Mulai Disiapkan Jadi Pusat Perayaan HUT Kemerdekaan ke-79 RI

BACA JUGAPartai Golkar Dukung IKN jadi Kota Pintar dengan Energi Terbarukan

Secara spesifik, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa pembangunan gedung pemerintahan seperti kementerian serta istana kepresidenan dan wakil presiden akan dimulai pada Desember mendatang.

“Yang berkaitan dengan pembangunan kementerian, istana presiden dan wakil presiden juga (akan dimulai), ini bulan Desember sudah dimulai,” ujar Presiden.

Ibu kota Nusantara atau IKN akan menjadi ibu kota masa depan bagi negara Indonesia menggantikan Kota Jakarta. IKN akan diresmikan pada Agustus 2024 bersamaan dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Menurut Presiden Joko Widodo, IKN akan dibangun dengan 70 persen area hijau dan 80 persen dengan energi terbarukan.

Baca Juga  Politisi Golkar Bamsoet Dukung Universitas Terbuka Bangun Kampus di Ibu Kota Nusantara

Suku Dayak Kenyah yang merupakan suku asli Pulau Kalimantan menyampaikan dukungan penuh atas rencana pemerintah membangun IKN di wilayah Kaltim. 

Dikutip dari Bisnis Indonesia, Kepala Adat Suku Dayak Kenyah Esrom Palan mengatakan tidak ada keraguan untuk mendukung mega proyek tersebut. 

BACA JUGAProyek IKN Sudah Banyak Diminati Investor

“Tetapi di dalam perpindahan itu yang kami harap benar-benar orang Dayak itu diperhatikan. Prinsip-prinsip sebagai anak bangsa ini, menganggap kita semua sama,” jelasnya dia. 

Di samping itu, Pemerintah juga berupaya agar warga Kaltim tidak hanya menjadi penonton, melainkan ikut terlibat langsung dalam setiap pembangunan pusat pemerintahan di wilayah tersebut.
 

banner 325x300