Politik

Presiden Lantik Hadi Tjahjanto Jadi Menko Polhukam, Mahfud MD: Tidak Apa-Apa

48
×

Presiden Lantik Hadi Tjahjanto Jadi Menko Polhukam, Mahfud MD: Tidak Apa-Apa

Share this article
Menkopolhukam Mahfud MD memberikan keterangan pers soal pengunduran dirinya, di Jakarta, Jumat (2/2/2024). Foto: IG mahfudmd
Menkopolhukam Mahfud MD memberikan keterangan pers soal pengunduran dirinya, di Jakarta, Jumat (2/2/2024). Foto: IG mahfudmd

G24NEWS.TV, JAKARTA – Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud Md memberikan komentar singkat tentang Hadi Tjahjanto segera dilantik sebagai Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan oleh Presiden Joko Widodo menggantikan dirinya.

“Saya mendengar, baca berita dari Anda, kan sudah terberitakan,” ujar Mahfud di Kantor Mahfud MD Initiative, Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Ia pun tak mempermasalahkan terkait sosok Hadi yang akan menggantikan dirinya sebagai Menko Polhukam hingga masa pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’aruf Amin selesai pada 20 Oktober 2024.

“Iya, tidak apa-apa,” katanya, seperti dilansir dari Antara.

Hadi Tjahjanto saat ini masih menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Baca Juga  Ketua Komisi I DPR RI: Prabowo Layak Dapat Jenderal Kehormatan dari Presiden RI

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pihaknya segera menunjuk Menko Polhukam definitif secepatnya, yang berasal dari kalangan nonpartai politik.

“Secepatnya ditunjuk menteri definitif. Tokohnya dari nonpartai politik,” kata Jokowi dalam keterangannya kepada wartawan di Bale Rame, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (3/2).

Hadi Tjahjanto adalah mantan Panglima TNI yang dilantik pada tahun 2017 menggantikan Gatot Nurmantyo. Sebelum diangkat sebagai Panglima TNI, Hadi juga merupakan Kepala Staf TNI AU periode 2017—2018.

Baca Juga  Hembuskan Wacana Munaslub Golkar, Dewan Kode Etik Bebaskan Ridwan Hisjam dan Lawrence Siburian Dari Sanksi

Presiden sebelumnya menunjuk Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) menggantikan Mahfud Md. yang telah mengundurkan diri.

Penunjukan itu disampaikan Presiden dalam Keputusan Presiden Nomor 20/P Tahun 2024 yang ditandatangani di Jakarta, Jumat. Keppres itu juga berisi tentang pemberhentian dengan hormat Mahfud Md.

Sebagaimana isi keppres tersebut, Tito Karnavian akan menjadi Plt. Menko Polhukam Kabinet Indonesia Maju periode 2019—2024 sampai adanya Menko Polhukam definitif.

Email: Dharmasastronegoro@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300