Nasional

Presiden Jokowi Sudah Kantongi Nama Calon Menpora Baru

249
×

Presiden Jokowi Sudah Kantongi Nama Calon Menpora Baru

Share this article
Presiden Jokowi Sudah Kantongi Nama Calon Menpora Baru
Presiden Jokowi Sudah Kantongi Nama Calon Menpora Baru

G24NEWS.TV, JAKARTA – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengaku telah menyerahkan nama-nama kader partainya yang diajukan sebagai calon Menpora

“Sudah ada di kantongnya beliau (Presiden Jokowi),” ujarnya.

Pada 20 Maret lalu, Presiden Jokowi menyebut ingin agar sosok muda menjadi Menpora untuk menggantikan Zainudin Amali.

“Yang muda, perempuan, nama sudah diserahkan,” ungkap Airlangga.

Namun Airlangga tidak menyebut secara detail nama-nama yang dirinya serahkan kepada Jokowi.

“Ada laki-laki, ada perempuan,” singkatnya. 

Airlangga pun menyerahkan kepada Presiden Jokowi sepenuhnya untuk memilih dari nama-nama yang telah diserahkan tersebut.

Baca Juga  Transformasi Program Kartu Prakerja 2023, Simak Cara Daftar Program Ini

“Terserah Bapak Presiden,” pungkasnya.

Sebelumnya, Zainudin Amali mengundurkan diri sebagai Menpora karena ingin fokus mengurus sepakbola nasional mengingat pasca terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

Presiden lalu menunjuk Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sebagai Pelaksana Tugas Menteri Pemuda dan Olahraga.

Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pemuda dan olahraga.

Kementerian Pemuda dan Olahraga dipimpin oleh seorang Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang sejak tanggal 23 Oktober 2019 dijabat oleh Zainudin Amali.

Tonggak sejarah kelembagaan yang mengurusi pembangunan kepemudaan dan keolahragaan sebenarnya sudah ada sejak masa awal kemerdekaan Indonesia. Pada susunan Kabinet pertama yang dibentuk pada tanggal 19 Agustus 1945.

Baca Juga  Menpora RI: Gadis Sampul Wadah Bagi Remaja Kembangkan Bakat dan Prestasi

Kabinet yang bersifat presidensial memiliki Kementerian Pengajaran yang dipimpin oleh Menteri Ki Hajar Dewantoro. Kegiatan olahraga dan pendidikan jasmani berada di bawah Menteri Pengajaran.

Usia kabinet pertama yang kurang dari tiga bulan kemudian diganti dengan Kabinet II yang berbentuk parlementer di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Sutan Sjahrir yang dilantik pada tanggal 14 November 1945.[*

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300