Politik

Presiden Joko Widodo Ajak Seluruh Masyarakat Pemilih Datang ke TPS Tanggal 14 Februari

24
×

Presiden Joko Widodo Ajak Seluruh Masyarakat Pemilih Datang ke TPS Tanggal 14 Februari

Share this article
Presiden Joko Widodo. Foto: BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo. Foto: BPMI Setpres

G24NEWS.TV, JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengajak seluruh masyarakat pemilih untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada Rabu, 14 Februari 2024, dan menggunakan hak pilih mereka dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Ya, saya mengimbau, saya mengajak kepada seluruh masyarakat agar menggunakan hak pilihnya, datang ke TPS, dan memberikan suara sesuai pilihannya,” kata Jokowi dalam keterangan pers usai meresmikan dua ruas Tol Trans-Sumatera di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, Rabu (7/2/2024).

Jokowi juga mengingatkan keharusan bagi seluruh aparatur sipil negara (ASN), anggota TNI dan Polri, hingga Badan Intelijen Negara (BIN) untuk menjaga netralitas dan kedaulatan rakyat dalam Pemilu 2024.

Dia juga meminta jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), baik di tingkat pusat maupun daerah, untuk bertindak profesional dan menjaga integritas pemilu.

Baca Juga  Partai Demokrat siap kampanye bareng Prabowo-Gibran

“Kita semua harus menjaga pemilu yang damai, jujur, dan adil, menghargai hasil pemilu, serta bersatu padu kembali untuk membangun Indonesia,” ujar Presiden Jokowi, seperti dilansir dari Antara.

18 Partai Politik

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia., Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Baca Juga  TKN Fanta Rangkul Pemuda Lintas Agama

Selain itu, Pemilu 2024 juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha’at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.
​​​​​​​
Pemungutan suara Pemilu 2024 dilakukan secara serentak untuk memilih calon anggota legislatif serta presiden dan wakil presiden pada tanggal 14 Februari 2024.

Untuk pilpres, KPU telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Email: Dharmasastronegoro@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300